SYUHADA, AMELLYA (2013) PENGARUHSTORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi Komparatif Toko Buku Gramedia dan Sari Anggrek Padang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text
325.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (535kB) |
Abstract
Era globalisasi menjanjikan suatu peluang dan tantangan bisnis baru bagi perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Di satu sisi, era globalisasi memperluas pasar produk dari perusahaan di Indonesia dan di sisi lain, keadaan tersebut memunculkan persaingan yang semakin ketat baik antara perusahaan domestik maupun perusahaan asing. Seperti halnya yang terjadi pada ritel nasional dimana perkembangan jumlah ritel di Indonesia terus bertambah secara pesat seperti supermarket, hypermarket, minimarket, dan ritel lainnya yang terus bermunculan. Peningkatan jumlah ritel tersebut akhir-akhir ini salah satu alasannya disebabkan oleh masuknya perusahaan asing yang menanamkan modalnya di Indonesia, sehingga persaingan bisnis ritel di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat pesat. Dengan adanya persaingan yang semakin ketat tersebut, setiap bisnis ritel perlu meningkatkan kekuatan yang ada pada perusahaannya dengan cara memunculkan perbedaan atau keunikan yang dimiliki perusahaan dibandingkan dengan pesaing untuk dapat menarik minat beli konsumen. Menarik minat beli konsumen tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan diskon, door prize, atau kegiatan promosi lainnya. Menarik konsumen untuk melakukan pembelian juga dapat dilakukan dengan cara memberikan atmosphere yang menyenangkan bagi konsumen saat berada di dalam toko, karena konsumen yang telah merasa senang dan nyaman diharapkan akan melakukan pembelian. Store atmosphere tidak hanya dapat memberikan suasana lingkungan yang menyenangkan saja, tetapi juga dapat memberikan nilai tambah bagi produk yang ditawarkan. Selain itu, store atmosphere juga akan menentukan citra dari toko itu sendiri. Citra toko yang baik dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan terhadap pesaingan dalam membentuk pelanggan yang loyal. Store atmosphere sebagai salah satu sarana komunikasi yang dapat berakibat positif dan menguntungkan apabila di buat semenarik mungkin. Berkembangnya industri ritel juga diikuti oleh toko buku yang terdapat di Kota Padang. Tidak terkecuali pada dua toko buku yaitu Toko Buku Gramedia di Jl. Damar No. 63 Padang dan Toko Buku Sari Anggrek yang terletak di Jl. Permindo No. 61 - 63 Padang. Tingginya kesadaran akan pendidikan dan ilmu pengetahuan diimbangi dengan meningkatnya konsumsi masyarakat terhadap sumber-sumber ilmu pengetahuan. Sumber tersebut salah satunya dapat dipenuhi lewat kegiatan membaca buku. Buku menjadi sumber ilmu pengetahuan yang paling mudah didapatkan. Kegiatan membaca buku menjadi kegiatan wajib baik bagi insan pendidikan ( siswa, pengajar, peneliti, praktisi ) maupun masyarakat umum. Konsumsi akan pentingnya buku, mendorong bisnis ini menjadi usaha yang menjanjikan. Bisnis yang fokus pada penjualan buku juga mudah ditemui, baik di kota besar maupun di kota kecil sekalipun. Hal inilah yang ditangkap oleh Toko Buku Gramedia dan Sari Anggrek sebagai bisnis yang menjanjikan. Salah satu usaha pemasaran yang dapat dilakukan oleh pengelola Toko Buku Gramedia dan Sari Anggrek adalah dengan kreatif menciptakan store atmosphere (suasana toko) yang nyaman, menyenangkan, mengikuti trend, dan indah dilihat mata yang pada akhirnya menimbulkan kesan yang menarik konsumen untuk berbelanja. Peranan store atmosphere (suasana toko) menjadi semakin penting karena dewasa ini ada kecendrungan berubahnya motif seseorang berbelanja, dimana kegiatan berbelanja tidak hanya sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang-barang saja tetapi sebagai kegiatan mengisi waktu, hiburan atau bahkan pelepas stress. Jadi, ketika seorang konsumen masuk ke sebuah toko tidak akan hanya memberikan penilaian terhadap produk yang ditawarkan tetapi juga memberikan penilaian terhadap kreatifitas penciptaan suasana toko. Melalui display (penataan barang) yang kreatif, desain bangunan yang menarik, pengaturan jarak antar rak, temperature udara, music yang dialunkan tidak hanya memberikan nilai tambah bagi produk yang dijual tetapi juga menciptakan suasana lingkungan pembelian yang menyenangkan bagi konsumen, sehingga konsumen memilih toko yang disukai dan melakukan pembelian. Toko Buku Gramedia adalah salah satu toko buku yang sudah cukup dikenal di oleh masyarakat Padang begitu juga dengan Sari Anggrek, sehingga harus dapat menciptakan store atmosphere (suasana toko) yang nyaman dan menyenangkan bagi konsumen untuk berbelanja yang pada akhirnya akan menciptakan citra yang baik. Dengan memperhatikan masalah tersebut di atas, maka penulis merasa tertarik untuk melakukan penelitian tentang pelaksanaan store atmosphere yang dilakukan Toko Buku Gramedia dan Toko Buku Sari Anggrek sebagai salah satu bentuk komunikasi pemasaran agar konsumen tertarik untuk melakukan pembelian sekaligus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen akan suasana berbelanja yang nyaman dan menyenangkan. Maka didalam menyusun penelitian ini penulis mengambil judul : “PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN” (Studi Komparatif Toko Buku Gramedia dan Sari Anggrek Padang).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Ms Ikmal Fitriyani Alfiah |
Date Deposited: | 02 Mar 2016 02:40 |
Last Modified: | 02 Mar 2016 02:40 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2791 |
Actions (login required)
View Item |