ANALISIS HARGA POKOK PENJUALAN DAN KUALITAS SUSU PADA KELOMPOK TERNAK SAPI PERAH TUNAS BARU KELURAHAN GANTING KECAMATAN PADANG PANJANG TIMUR

Wilma, Welanda (2017) ANALISIS HARGA POKOK PENJUALAN DAN KUALITAS SUSU PADA KELOMPOK TERNAK SAPI PERAH TUNAS BARU KELURAHAN GANTING KECAMATAN PADANG PANJANG TIMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup))
BAB 5 (penutup).pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Kelompok Ternak Sapi Perah Tunas Baru Kelurahan Ganting Kecamatan Padang Panjang Timur dan Laboratorium Kesehatan dan Klinik Hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat pada tanggal 25 Maret- 25 April 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui harga pokok penjualan dan kualitas susu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dan eksperimen. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan, pengamatan langsung di lapangan serta pengujian di laboratorium dan data sekunder diperoleh dari instansi terkait serta literatur yang relevan dengan penelitian ini. Analisis data untuk menghitung harga pokok produksi dihitung dengan menggunakan metode Variable costing dan kualitas susu dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian harga pokok penjualan susu selama bulan Maret 2017 adalah Rp. 5.361,31/liter, hasil ini didapat dari total harga pokok produksi sebesar Rp. 5.288,59/liter yang dijumlahkan dengan biaya pemasaran sebesar Rp. 72,72/liter. Agar mendapatkan keuntungan, Kelompok Ternak Tunas Baru dapat menetapkan harga jual susu di atas Rp. 5.361,31/liter. Kualitas susu dari kandungan lemak susu segar yaitu 5,5 % sedangkan kandungan protein yaitu 3,8 % , hal ini menunjukkan kualitas susu sudah baik sehingga peternak dapat menetapkan harga jual susu pada Kelompok Ternak Tunas Baru lebih tinggi dari harga pasar. Kata kunci : harga pokok produksi, harga pokok penjualan, kualitas susu, sapi perah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fitrini SP.M.Econs
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 27 Jul 2017 10:59
Last Modified: 27 Jul 2017 10:59
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27885

Actions (login required)

View Item View Item