Pengaruh Kredit Bermasalah, Faktor Ekonomi Makro, Likuiditas dan Financial Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Defri, Defri (2017) Pengaruh Kredit Bermasalah, Faktor Ekonomi Makro, Likuiditas dan Financial Leverage terhadap Profitabilitas pada Perusahaan Pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover & Abstrak)
Cover & Abstrak.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5 Penutup)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img] Text (Tesis fulltext)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kredit bermasalah yang diproyeksikan dengan Non Performing Financing (NPF), faktor ekonomi makro yang diproyeksikan dengan Inflasi (INF), Suku Bunga (Interest Rate Spread / INT), Nilai Tukar (Kurs Jual), likuiditas yang diproyeksikan dengan Current Ratio (CR) dan financial leverage yang diproyeksikan dengan Debt Ratio (DR) terhadap profitabilitas perusahaan pembiayaan yang diproyeksikan dengan Return On Asset (ROA). Penelitian ini tergolong penelitian kausatif dengan populasi perusahaan pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling sehingga diperolah 60 sampel dari 12 perusahaan pembiayaan pada periode pengamatan (2011-2015). Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan publikasi perusahaan pembiayaan dalam www.idx.co.id, www.finance.yahoo.com, ICMD dan www.bi.go.id. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan model pengujian yaitu Uji Hausman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel NPF, INF dan INT tidak signifikan terhadap ROA pada perusahaan pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sedangkan variabel nilai tukar (kurs jual), CR dan DR berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA pada perusahaan pembiayaan yang terdaftar di Bursa Efek Indoenesia. Selain itu koefisien determinasi (R2) sebesar 30,46%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari NPF, INF, INT, kurs jual, CR dan DR dalam menjelaskan variabel dependen yaitu ROA adalah sebesar 30,46%, sedangkan sisanya 69,54% ditentukan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model regresi penelitian ini. Kata kunci : Profitabilitas Perusahaan Pembiayaan (ROA), Faktor Ekonomi Makro (Non Performing Financing, Inflasi, Suku Bunga, Nilai Tukar), Likuiditas (Current Ratio) dan Financial Leverage (Debt Ratio).

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Syukri Lukman, MS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 27 Jul 2017 10:07
Last Modified: 27 Jul 2017 10:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27795

Actions (login required)

View Item View Item