PERANCANGAN SISTEM KENDALI JARAK JAUH PIRANTI ELEKTRONIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN RASPBERRY PI 3 MODEL B DENGAN MENERAPKAN KONSEP INTERNET of THINGS UNTUK APLIKASI RUMAH PINTAR

Mahendri, Saputra (2017) PERANCANGAN SISTEM KENDALI JARAK JAUH PIRANTI ELEKTRONIKA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN RASPBERRY PI 3 MODEL B DENGAN MENERAPKAN KONSEP INTERNET of THINGS UNTUK APLIKASI RUMAH PINTAR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB I.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab vi)
BAB VI.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Kepustakaan.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img] Text (full tugas akhir)
Full Tugas Akhir.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pengontrolan piranti elekronika yang masih menggunakan cara konvensional yaitu dengan menyalakan dan mematikannya melalui saklar, akan membatasi upaya masyarakat untuk melakukan penghematan energi listrik. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah sistem yang menerapkan konsep Internet of Things (IoT) untuk aplikasi rumah pintar, dengan mengimplementasikan sebuah perangkat komputer berukuran kecil bernama Raspberry Pi yang digunakan sebagai server dan pengontrol kerja sistem. Prinsip kerja dari sistem ini adalah pengontrolan piranti elektronika dari jarak jauh pada sebuah bangunan melalui website lokal yang diakses menggunakan jaringan internet lokal melalui gadget maupun PC. Dari hasil pengujian, sistem yang dibangun mampu mengendalikan 7 alat elektronik tegangan tinggi AC dan 3 alat elektronik tegangan DC sekaligus dan mampu menampilkan status masing-masing piranti elektronika yang dikendalikan. Sistem dapat diakses pada jarak maksimal sejauh 40 meter ketika menggunakan jaringan internet lokal dari fitur hotspot portable smartphone dan dapat diakses pada jarak maksimal sejauh 70 meter ketika menggunakan jaringan internet lokal dari wireless router. Kata kunci : Internet of Things (IoT), Rumah Pintar, Raspberry Pi, tegangan tinggi AC, tegangan DC, Server, Piranti Elektronika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Mumuh Muharam, MT
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 01 Aug 2017 14:53
Last Modified: 01 Aug 2017 14:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27753

Actions (login required)

View Item View Item