Sovina, Yulia (2017) ANALISIS ANGGARAN PENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA DI SUMATERA BARAT TAHUN 2011-2015. Masters thesis, Universitas Andalas.
|
Text (cover dan absrak)
ABSTRAK DAN COVER .pdf - Published Version Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I EDIT.pdf - Published Version Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (BAB V)
BAB V OK.pdf - Published Version Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (138kB) | Preview |
|
Text (TESES FULL TEXT)
FULL TEXT OKEE.pdf YOOO.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Analisis Anggaran Pendidikan Kabupaten/Kota Di Sumatera Barat Tahun 2011-2015 (Studi Komparatif pada Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Sijunjung) Oleh : Sovina Yulia Magister Science (M.Si) dalam Bidang Akuntansi Pembimbing : Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc dan Dr. Suhairi, M.Si.Ak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1).Mengetahui implementasi anggaran pendidikan Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Tahun 2011-2015, (2). Mengevaluasi anggaran pendidikan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pelayanan Pendidikan Dasar dan mengevaluasi kinerja keuangan Program Wajib Belajar 9 tahun pada Kabupaten/Kota di Sumatera Barat Tahun 2011-2015. Penelitian bersifat deskriptif dengan analisis komparatif, membandingkan indikator input, output dan outcome antar daerah. Hasil penelitian menemukan bahwa Alokasi anggaran pendidikan sudah sesuai dengan UU No.20 Tahun 2003 pada 3 (tiga) daerah kecuali Kota Pariaman. Bahwa alokasi anggaran urusan pendidikan terbesar yaitu pada Kabupaten Tanah Datar (46,88%), dan Kota Padang (46,04%), sedangkan Kabupaten Sijunjung dan Kota Pariaman hanya 39,14% dan 38,20%. Belanja langsung dan belanja tidak langsung pada 3 (tiga) daerah habis untuk belanja pegawai, hanya pada Kota Pariaman yang proporsional. Alokasi anggaran Program Wajar 9 tahun pada Kota Padang, Kota Pariaman dan Kabupaten Tanah Datar sudah dialokasikan untuk kegiatan peningkatan mutu pendidikan, sedangkan Kabupaten Sijunjung masih terkosentrasi pada kegiatan perluasan dan peningkatan akses pelayanan pendidikan. Evaluasi pelaksanaan Program Wajar 9 tahun pada 3 (tiga) daerah sudah mencapai SPM kecuali Kabupaten Sijunjung. Evaluasi kinerja keuangan menemukan bahwa serapan anggaran kegiatan rendah secara umum pada kegiatan yang bersumber dari Dana DAK. Kata Kunci : Anggaran, Pendidikan, Implementasi, Evaluasi, Logic Model, Input, Output dan Outcome, Belanja Daerah, APBD, SPM.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc |
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance H Social Sciences > HJ Public Finance |
Divisions: | Pascasarjana (Tesis) |
Depositing User: | s2 akuntansi akuntansi |
Date Deposited: | 26 Jul 2017 14:45 |
Last Modified: | 26 Jul 2017 14:45 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27656 |
Actions (login required)
View Item |