Perancangan dan Analisa Sistem Kendali Automatic Voltage Regulator (AVR) dengan Pengendali Proporsional Integral Diferensial (PID) 2 Derajat Kebebasan

Janra, Isram (2017) Perancangan dan Analisa Sistem Kendali Automatic Voltage Regulator (AVR) dengan Pengendali Proporsional Integral Diferensial (PID) 2 Derajat Kebebasan. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Judul dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Kepustakaan)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full)
Full Tugas Akhir .pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Jurnal ini membahas perancangan dan analisis kinerja sistem kontrol respon tegangan AVR pada jenis arus searah dengan pengendali PID 2 Derajat Kebebasan, dalam domain waktu dan domain frekuensi dengan Proportional Diferensial (PD), Proporsional Difference First Orde (PDF), Proporsional Integral (PI), Proporsional Integral Differential (PID), Proporsional Integral Differential First Orde (PIDF). Kontroler dirancang dengan pendekatan respons frekuensi dengan kriteria disain yang spesifik dan bantuan perangkat lunak Matlab. Untuk analisis kinerja dalam domain waktu terdiri dari kesalahan dan analisis transisi. Untuk parameter yang diamati pada analisis kesalahan yaitu tipe sistem, konstanta kesalahan posisi, konstanta error kecepatan, konstanta percepatan kesalahan, error steady state terhadap unit input, kesalahan steady state terhadap input unit step, steady state error. Untuk analisis transisi, parameter yang diamati adalah rise time, peak time, settling time, peak value dan maximum overshoot value. Sedangkan untuk analisis kinerja dalam domain frekuensi terdiri dari peformansi lingkar terbuka dan peformansi lingkar tertutup. Untuk parameter yang diamati pada analisis peformansi lingkar terbuka adalah margin fasa, frekuensi margin fasa, margin penguatan dan frekurnsi margin penguatan. Untuk analisis peformansi lingkar tertutup meliputi nilai puncak resonansi, frekuensi puncak resonansi dan lebar pita. Hasil dari analisis menunjukan respon tegangan pada pengontrolan AVR dengan pengendali PID 2 Derajat Kebebasan terlihat memuaskan pada pengendali Proporsional Diferensial (PD) yang memenuhi kriteria dimana nilai waktu keadaan mantap sebesar 0.7017 detik, lematan maksimum 0.000 persen dan lebar pita sebesar 8.2666 rad/detik. Kata Kunci : AVR, PID 2 Derajat Kebebasan, sistem kendali, peformansi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Heru Dibyo Laksono, MT
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 31 Jul 2017 10:33
Last Modified: 31 Jul 2017 10:33
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27653

Actions (login required)

View Item View Item