BENTUK INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PAPUA PENERIMA BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADik) SELAMA MENGIKUTI PERKULIAHAN DI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG

SITI, NURHALIZA (2017) BENTUK INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA PAPUA PENERIMA BEASISWA AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADik) SELAMA MENGIKUTI PERKULIAHAN DI UNIVERSITAS ANDALAS PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV PENUTUP)
BAB IV PENUTUP.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mahasiswa Papua yang kuliah di Universitas Andalas adalah contoh dari kasus memasuki suatu lingkungan budaya baru. Mereka meninggalkan daerah asalnya untuk suatu tujuan, yakni menuntut ilmu di Universitas Andalas yang berada di Kota Padang. Tercipta sebuah bentuk perilaku yang unik pada diri para mahasiswa Papua tersebut, di satu sisi mereka harus berbaur dengan kehidupan masyarakat di lingkungan Kampus dan tempat mereka tingggal selama menempuh pendidikan di Universitas Andalas, sementara disisi lain mereka tidak sepenuhnya dapat melepaskan diri dari akar budaya tempatnya berasal yaitu Papua. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk interaksi sosial mahasiswa Papua di lingkungan kampus dan tempat tinggal serta menjelaskan hambatan yang dialami selama melakukan interaksi sosial. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan dalam pengumpulan data digunakan teknik observasi partisipan dan wawancara mendalam. Terdapat 13 orang informan dengan 8 orang informan pelaku dan 5 orang informan pengamat sebagai Trianggulasi. Teori yang digunakan adalah teori Interaksionisme Simbolik oleh Herbert Blummer. Penelitian ini menemukan bahwa interaksi sosial yang dilakukan mahasiswa Papua di lingkungan kampus Universitas Andalas pada tahun pertama dan kedua terdapat interaksi sosial yang cenderung kurang aktif dengan dosen dan mahasiswa lainnya. Ini menyebabkan adanya sikap menarik diri yang dilakukan mahasiswa Papua. Kemudian dengan berjalannya waktu, keterbukaan dan adanya hubungan sosial yang dijalin mahasiswa Papua dengan mahasiswa yang lain cukup baik. Kemudian adanya kontribusi dan keikutsertaan mahasiswa Papua dalam kegiatan organisasi di kampus maupun di luar kampus.. Bentuk interaksi sosial di lingkungan tempat tinggal yang pertama berupa adanya hubungan sosial yang baik antara mahasiswa Papua dengan pemilik kos dan juga sesama penghuni kos. Ini tampak dari beberapa kegiatan berupa kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak. Kedua, terdapat interaksi sosial dengan perkumpulan keagamaan yang dilakukan mahasiswa Papua. Selanjutnya hambatan yang dialami mahasiswa Papua selama mengikuti perkuliahan di Univesitas Andalas meliputi bahasa, prasangka rasial ketika mahasiswa Papua berada di lingkungannya, dan prasangka beda agama. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Hambatan Dalam Interaksi, Mahasiswa Papua.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dra. Fachrina, M.Si
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: s1 sosiologi sosiologi
Date Deposited: 27 Jul 2017 12:29
Last Modified: 27 Jul 2017 12:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27646

Actions (login required)

View Item View Item