Perancangan Alat Bantu Komunikasi Berbasis Processing IDE yang dikendalikan dengan Electromyography untuk Penyandang Disabilitas

Dany, Saputra (2017) Perancangan Alat Bantu Komunikasi Berbasis Processing IDE yang dikendalikan dengan Electromyography untuk Penyandang Disabilitas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstak)
cover dan abstrak dany saputra.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1 Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR KEPUSTAKAAN)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img] Text (TA Full)
TA full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)

Abstract

Perancangan alat bantu komunikasi ini menjadi salah satu solusi dalam masalah keterbatasan berkomunikasi bagi penyandang disabilitas, khususnya di negara kita, Indonesia. Komunikasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari manusia, dengan komunikasi semua pesan, ide atau gagasan bisa disampaikan langsung kepada orang lain. Penyandang disabilitas biasanya tidak mampu untuk melakukan aktifitas atau kegiatan yang selayaknya, karena mempunyai kelainan fisik atau mental, yang dapat menganggu sehingga menjadi rintangan dan hambatan. Alat bantu komunikasi ini, menggunakan GUI berupa 9 buah menu beserta gambar, dengan metoda sistem warna, warna kuning untuk memberi tahu kepada pengguna sedang berada dimenu mana dan warna hijau memberi tahu kepada pengguna sedang memilih menu yang di inginkan. Memakai threshold sebagai acuan batasan nilai yang akan dibaca oleh Arduino dan akan dikirim ke Processing dan memakai batasan waktu tertentu untuk berpindah dan memilih sesuai yang diinginkan oleh pengguna. Ketika alat bantu telah melewati threshold dan waktu yang telah ditentukan, maka sistem akan berpindah sesuai perintah dari pengguna. Penelitian ini didapatkan, bahwa dalam pengujian alat bantu, semua responden menghasilkan data kontraksi yang berbeda-beda, dari terkecil 200 mV sampai yang terbesar 900 mV. Rata-rata waktu yang diperlukan 1 orang responden untuk berpindah dengan menggunakan 3 pola dan 3 percobaan adalah 26,32 detik dan untuk berpindah dan memilih dengan 3 pola dan 3 percobaan adalah 88,95 detik. Untuk jumlah langkah yang digunakan oleh 1 orang responden untuk berpindah, berpindah dan memilih dengan menggunakan 3 pola dan 6 percobaan sudah optimal yaitu 8 langkah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Ilhamdi Rusydi, Dr. Eng
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 09 Aug 2017 16:26
Last Modified: 09 Aug 2017 16:26
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27342

Actions (login required)

View Item View Item