Perancangan Alat Bantu Komunikasi dengan Pemanfaatan Sinyal Electroencephalograph dari Headset NeuroSky MindWave Menggunakan Metode Threshold

Zhendra, Saldi (2017) Perancangan Alat Bantu Komunikasi dengan Pemanfaatan Sinyal Electroencephalograph dari Headset NeuroSky MindWave Menggunakan Metode Threshold. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
Bab 1.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 5)
Bab 5 Penutup.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar kepustakaan)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img] Text (TA Zhendra Saldi Full)
Tugas Akhir Zhendra Saldi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pada tugas akhir ini telah dirancang sebuah alat bantu komunikasi bagi orang yang memiliki keterbatasan baik dalam berbicara maupun menggunakan anggota gerak tangan dan kaki. Dengan menggunakan metode threshold dirancang sebuah aplikasi komunikasi dengan memanfaatkan sinyal Electroencephalograph (EEG) menggunakan Headset NeuroSky MindWave Mobile untuk pengendalian alat bantu komunikasi. Sistem ini berupa Graphical User Interface (GUI) dalam bentuk menu pilihan yang dioperasikan dengan melakukan attention untuk memilih menu dan blink untuk berpindah menu menggunakan Headset NeuroSky MinWave Mobile. Pengujian sistem dilakukan terhadap 15 orang responden dengan 3 variasi threshold attention diantaranya attention > 65µV, attention > 70µV, dan attention > 75µV sedangkan threshold blink hanya satu variasi saja yaitu 51µV. Pengujian sistem dilakukan sebanyak 3 percobaan diantaranya responden berpindah menu dari menu pertama ke menu terakhir kemudian dihitung total waktu, responden bepindah dan memilih menu tertentu kemudian dihitung total waktu, dan responden memilih semua menu kemudian dihitung total waktu yang dibutuhkan. Berdasarkan pengujian sistem dapat disimpulkan bahwa, pada threshold attention > 65µV dan blink 51µV respon dari alat sangat responsif, waktu yang dibutuhkan cepat, tidak efektif dan cendrung salah dalam memilih dan berpindah menu. Pada threshold attention > 70µV dan blink 51µV respon dari alat responsive dan waktu yang dibutuhkan efektif dalam memilih dan berpindah menu. Pada threshold attention > 75µV dan blink 51µV respon dari alat tidak responsif, waktu yang dibutuhkan lama, tidak efektif dan cendrung salah dalam memilih dan berpindah menu. Kata Kunci : Attention, Blink, Electroencephalograph (EEG), Graphical User Interface (GUI), Headset NeuroSky MindWave Mobile, komunikasi, threshold.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Muhammad Ilhamdi Rusydi, Dr.Eng
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 04 Aug 2017 15:25
Last Modified: 04 Aug 2017 15:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27341

Actions (login required)

View Item View Item