PENGARUH DOSIS NATURA ORGANIK DEKOMPOSER DAN LAMA FERMENTASI KULIT BUAH KAKAO TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN

Yuspita, Rahayu (0021) PENGARUH DOSIS NATURA ORGANIK DEKOMPOSER DAN LAMA FERMENTASI KULIT BUAH KAKAO TERHADAP KANDUNGAN BAHAN KERING, PROTEIN KASAR DAN RETENSI NITROGEN. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 (Penutup/Kesimpulan)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis inokulum dan lama fermentasi dengan Natura Organik Dekomposer tehadap kandungan bahan kering, protein kasar dan retensi nitrogen dari kulit buah coklat (KBC). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dirancang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 3 x 3 dengan 3 ulangan. Faktor A (dosis inokulum) yaitu : A1 (3% dari jumlah substrat), A2 (5% dari jumlah substrat), A3 (7% dari jumlah substrat) kemudian faktor B (lama fermentasi) yaitu : B1 (7 hari), B2 (9 hari), B3 (11 hari). Peubah yang diamati yaitu : kandungan bahan kering (%), protein kasar (%BK) dan retensi nitrogen (%BK). Hasil analisis ragam menunjukan bahwa terjadi interaksi antara masing – masing faktor yaitu dosis natura organik dekomposer dan lama fermentasi memberikan pengaruh yang berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan bahan kering dari kulit buah coklat fermentasi. Namun terjadi interaksi antara dosis Natura Organik Dekomposer dan lama inkubasi yang berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap kandungan protein kasar dan retensi nitrogen. Hasil uji DMRT menunjukan bahwa dosis inokulum 7 % dan lama 11 hari nyata (P<0.05) lebih tinggi terhadap kandungan protein kasar dan retensi nitrogen. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dosis inokulum 7% dan lama fermentasi 9 hari dengan Natura Organik Dekomposer pada kulit buah coklat merupakan perlakuan terbaik. Pada kondisi ini diperoleh kandungan bahan kering 38,28%, kandungan protein kasar 15,49% dan retensi nitrogen 59,21%. Kata kunci :Kulit buah coklat, Natura Organik Dekomposer, protein kasar dan retensi nitrogen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 25 Jul 2017 15:19
Last Modified: 25 Jul 2017 15:19
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27267

Actions (login required)

View Item View Item