Studi Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Variabel Arus Lalu Lintas

Fajriati, Rahmi (2017) Studi Pengaruh Proporsi Sepeda Motor Terhadap Variabel Arus Lalu Lintas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
merged.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI (Kesimpulan))
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir)
merged.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sepeda motor adalah moda transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Keunggulan yang dimiliki kendaraan roda dua ini mengakibatkan jumlahnya meningkat drastis setiap tahun. Hasil penelitian menyatakan bahwa lebih dari 60% jenis kendaraan yang berlalu lalang di jalanan adalah sepeda motor (Kusnandar, 2010). Jika hal ini tidak ditangani peningkatan jumlah sepeda motor yang terus terjadi dapat menimbulkan kemacetan, yang lebih parah lagi, kecelakaan. Tugas akhir ini akan membahas dan membandingkan pengaruh proporsi sepeda motor terhadap kecepatan arus lalu lintas. Jl. Raya Ampang dan Jl. Adinegoro, Lubuk Buaya, Padang, menjadi lokasi survei untuk penelitian ini. Dengan menggunakan metode survei Video Image Prosessor akan didapatkan data volume lalu lintas dan kecepatan kendaraan selama 12 jam. Selanjutnya data tersebut diolah dan hasilnya diplotkan ke dalam grafik dengan metode regresi linier. Dari hasil penelitian di Jl. Raya Ampang didapatkan jumlah proporsi sepeda motor tertinggi adalah 75,9%, di Jl. Adinegoro (Lubuk Buaya-Tabing) sebesar 71,1% dan di Jl. Adinegoro (Tabing-Lubuk Buaya) sebesar 60,6%. Dengan proporsi sepeda motor sebagai variabel (x) dan kecepatan rata-rata ruang sebagai variabel (y) didapatkan nilai koefisien determinasi R2=0,8582 di Jl. Raya Ampang, R2=0,8153 di Jl. Adinegoro (Lubuk Buaya-Tabing) dan R2=0,7882 Jl. Adinegoro (Tabing-Lubuk Buaya). Itu artinya proporsi sepeda motor mempengaruhi kecepatan arus lalu lintas sebesar 85,82% di Jl. Raya Ampang, 81,53% di Jl. Adinegoro (Lubuk Buaya-Tabing) dan 78,82% di Jl. Adinegoro (Tabing-Lubuk Buaya). Kata Kunci: Proporsi Sepeda Motor, Volume, Kecepatan Rata-rata Ruang, Kepadatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: TITI KURNIATI, MT
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Sipil
Depositing User: s1 Teknik Sipil
Date Deposited: 25 Jul 2017 10:29
Last Modified: 25 Jul 2017 10:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/27015

Actions (login required)

View Item View Item