EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERIKLANAN PADA UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU (Studi Komparatif Iklan Pada Media Lini Atas dan Media Lini Bawah)

Vethy, Octaviani (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERIKLANAN PADA UNIVERSITAS DEHASEN BENGKULU (Studi Komparatif Iklan Pada Media Lini Atas dan Media Lini Bawah). Masters thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
201507291034th_tesis vethy oc s2 ikom bp.1320862012.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penyusunan tesis ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perbedaan efektivitas iklan pada media lini atas dan media lini bawah yang digunakan Universitas Dehasen Bengkulu sebagai masukan untuk strategi promosi selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian survey kuantitatif dengan teknik analisa data menggunakan uji beda Paired Samples T-Test. Efektifitas iklan di analisa menggunakan analisis deskriptif dimensi EPIC (Emphaty, Persuasion, Impact, dan Communication) Model. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan bentuk efektivitas Iklan UNIVED Bengkulu yang disajikan pada media lini atas dan media lini bawah dalam mempengaruhi khalayak sasaran yaitu pada kekuatan yang dimiliki masing-masing media. Iklan pada media lini atas, secara emphaty mampu memanfaatkan kelebihan yang dimiliki seperti kelebihan visual pada media surat kabar, audio visual pada media televisi, dan nilai strategis yang dimiliki media spanduk/baliho. Sehingga secara persuasion mampu menguatkan karakter merk yaitu berdampak pada tumbuhnya persepsi bahwa UNIVED identik dengan kebutuhan pribadi karena mampu membangun kesadaran, pemahaman, dan tindakan khalayak dengan baik. Sedangkan Iklan pada media lini bawah juga terbukti efektif mempengaruhi khalayak sasaran terutama pada media brosur/leaflet yang memiliki kelebihan visual dan ruang yang luas untuk menyampaikan pesan iklan. Media poster juga memiliki kekuatan visual yang sama namun belum dapat membantu secara maksimal dalam mengasosiasikan iklan karena peletakan gambar-gambar yang tidak mendukung dapat mempengaruhi pemahaman khalayak. Media reklame berjalan juga memiliki nilai efektifitas yang baik dikarenakan sifatnya yang mobile mampu mengingatkan khalayak akan merk. Namun ruang iklan yang sempit kurang menyampaikan pesan iklan. Efektifitas yang menonjol dari kedua media periklanan tidak terlepas dari faktor lain yang dapat memberikan kontribusi yaitu penggunaan media yang bersifat luas dan dapat digunakan secara bersamaan dengan kegiatan-kegiatan promosi lainnya. Kata Kunci : Efektivitas, Iklan, Media Lini Atas, Media Lini Bawah, EPIC Model

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Ms Lyse Nofriadi
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:05
Last Modified: 03 Feb 2016 04:40
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item