Mengatasi Masalah Multikolinearitas dengan Metode Regresi Ridge(Studi Kasus Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPM di Sumatera Utara Tahun 2015)

Mardha, Tillah (2017) Mengatasi Masalah Multikolinearitas dengan Metode Regresi Ridge(Studi Kasus Faktor-Faktor yang Mempengaruhi IPM di Sumatera Utara Tahun 2015). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
COVER+ABSTRAKfiks.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (PENDAHULUAN))
BAB I (PENDAHULUAN).pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V (PENUTUP))
BAB V ( PENUTUP).pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH)
skripsiMardhaTillahfullscholarunand.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk memodelkan faktor-faktor yang mempengaruhi IPM (Indeks Pembangunan Manusia) di Sumatera Utara pada tahun 2015 dengan menggunakan metode regresi ridge. Metode regresi ridge ini dipakai karena pada data IPM tersebut terdapat masalah multikolinearitas sehingga metode regresi kuadrat terkecil, sebagai metode regresi yang biasa dipakai pada pemodelan secara statistika, tidak sesuai untuk digunakan lagi. Kajian ini melakukan perbandingan antara model yang dihasilkan dari penggunaan metode kuadrat terkecil dan metode regresi ridge terhadap data IPM. Studi ini membuktikan bahwa metode regresi ridge menghasilkan model yang lebih baik dan dapat menghilangkan efek multikolinearitas, sedangkan metode kuadrat terkecil tidak. Adapun faktor yang signifikan dalam mempengaruhi IPM pada data Sumtera Utara tahun 2015 adalah Rata-rata lama sekolah dan Jumlah pengeluaran/kapita/bulan. Indikator kebaikan model hasil regresi ridge ini adalah 81,81% yang berarti model tersebut sudah baik dan dapat diterima. Kata Kunci : Multikolinearitas, Metode Kuadrat Terkecil, Metode Regresi Ridge

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. FERRA YANUAR
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: s1 matematika matematika
Date Deposited: 24 Jul 2017 15:00
Last Modified: 24 Jul 2017 15:00
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26395

Actions (login required)

View Item View Item