Karakteristik Habitat Peneluran Penyu di Pulau Pandan dalam Kawasan TWP Pulau Pieh dan Laut Sekitarnya, Provinsi Sumatera Barat.

Ilham, Kurniawan (2017) Karakteristik Habitat Peneluran Penyu di Pulau Pandan dalam Kawasan TWP Pulau Pieh dan Laut Sekitarnya, Provinsi Sumatera Barat. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstract.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB 5.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penyu merupakan reptil yang hampir seluruh masa hidupnya berada di lautan. Habitat darat merupakan tempat peneluran (nesting ground) bagi penyu betina. Pergeseran fungsi lahan menyebabkan kerusakan habitat pantai dan ruaya pakan. Penyu memiliki kecenderungan memilih karakteristik tempat tertentu sebagai pantai penelurannya, di antaranya kemiringan dan lebar pantai, butir pasir, vegetasi, suhu lingkungan, dan pasang surut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik habitat peneluran penyu di pulau Pandan dalam kawasan Taman Wisata Perairan Pulau Pieh dan Laut disekitarnya, Provinsi Sumatera Barat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Oktober dan November 2016 selama 18 hari dengan metode survei dan observasi langsung. Hasil yang didapatkan karakteristik kemiringan rata-rata pantai pulau Pandan adalah 4º dan lebar rata-rata pantai adalah 24,13 m. Karakteristik butir pasir hasil analisis yang mendominasi adalah butir kasar (36,20-74,70%) dan sedang (25,30-61,90). Karakteristik vegetasi yang ditemui beragam sedangkan yang mendominasi adalah Pandan Laut (Pandanus tectorius). Rata-rata suhu udara dan suhu sarang penyu adalah 25,71ºC dan 28,07ºC, dengan karakteristik pasang surut pantai pulau Pandan tergolong pada pasang surut campuran. Kata Kunci : Habitat, Karaketeristik, Peneluran, Penyu

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: DR. INDRA JUNAIDI ZAKARIA , M.Si
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 21 Jul 2017 10:58
Last Modified: 21 Jul 2017 10:58
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/26266

Actions (login required)

View Item View Item