SISTEM DETEKSI BENDA PADA KONDISI TERHALANG MELALUI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE DIAGRAM VENN BERBASIS IMAGE PROCESSING

Ratna, Atika (2017) SISTEM DETEKSI BENDA PADA KONDISI TERHALANG MELALUI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE DIAGRAM VENN BERBASIS IMAGE PROCESSING. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak+Cover.pdf - Published Version

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Pendahuluan)
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Penutup)
BAB V PENUTUP.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img] Text (Tesis Fulltext)
Thesis Full Watermark Ratna Atika.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Untuk mendeteksi sebuah benda pada kondisi benda terhalang melalui interaksi manusia dan komputer, membutuhkan sebuah sistem yang mampu berkerja secara optimal, efektif dan efisien. Pada kondisi benda terhalang sistem harus bisa membedakan antara satu benda dengan benda lain, karena setiap benda saling menghalangi maka benda yang tampak, terlihat tidak sempurna dalam hal bentuk dan ukurannya. Komputer sulit mengenali bentuk dan ukuran dari benda yang terhalang, berbeda dengan manusia yang memiliki pengetahuan sebelumnya (prior knowledge) tentang banyak sekali benda yang sempurna. Meskipun benda itu terhalang, manusia masih tetap mengenalinya sebagai benda yang sempurna baik dari segi bentuk dan ukuran. Sedangkan, komputer tidak memiliki pengetahuan awal (prior knowledge) terhadap suatu benda sehingga mengenali benda apa adanya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mendeteksi benda pada kondisi benda terhalang dan di dalam group. Penelitian ini fokus pada proses pendeteksian benda dalam keadaan di dalam group ataupun terhalang oleh benda lain, dengan menggunakan metode diagram venn yang memilki 4 macam kondisi yaitu kondisi benda referensi sebagai acuan (posisi dan warna dominan), kondisi warna benda yang lebih dominan, kondisi posisi benda yang lebih dominan dan kasus-kasus lainnya dengan metode diagram venn. Selanjutnya sistem dibandingkan dengan pertanyaan yang diajukan oleh 25 orang responden terhadap 30 sampel gambar. Dari grafik pada setiap sampel gambar terlihat bahwa untuk mendeteksi sebuah benda responden membutuhkan rata-rata 4.46 pertanyaan pada masing-masing sampel dan kondisi benda, sedangkan sistem hanya membutuhkan rata-rata 2.57 pertanyaan yang diajukan untuk mendeteksi benda. Berdasarkan hasil-hasil ini maka dapat dikatakan sistem yang dibangun ini terbukti lebih efektif dan efisien dalam mendeteksi benda yang terhalang dan di dalam group. Kata kunci : deteksi benda, metode diagram venn, benda referensi, interaksi manusia dan komputer, kondisi terhalang, efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Rahmadi Kurnia Dr. Eng
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 teknik elektro
Date Deposited: 30 Aug 2017 14:57
Last Modified: 30 Aug 2017 14:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25889

Actions (login required)

View Item View Item