PENGARUH 1,25 DIHIDROKSI VITAMIN D TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DALAM MASA KEHAMILAN PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS)

JULITA, JULITA (2017) PENGARUH 1,25 DIHIDROKSI VITAMIN D TERHADAP KADAR GLUKOSA DARAH DALAM MASA KEHAMILAN PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NOVERGICUS). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I (Pendahuluan))
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 5 Penutup)
BAB_AKHIR_(penutup).PDF - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (207kB) | Preview
[img] Text (tesis fulltext)
Tesis fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Diabetes Melitus Gestasional (DMG) masih menjadi masalah kesehatan di dunia termasuk di Indonesia karena berdampak pada komplikasi bagi kesehatan ibu dan janin. Defisiensi vitamin D merupakan salah satu faktor penyebab diabetes melitus gestasional di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian 1,25 Dihidroksi vitamin D terhadap kadar glukosa darah dalam masa kehamilan pada tikus putih (Rattus norvegitus). Penelitian eksperimental dengan pre and post test control group design ini dilakukan pada dua kelompok tikus masing-masing 5 ekor. Pemberian 0,18 mg/kg BB 1,25 dihidroksi vitamin D dilakukan selama 18 hari dimulai dari hari pertama kehamilan melalui sonde. Darah untuk pengukuran kadar glukosa darah diambil dari vena lateral pada ekor tikus. Kadar glukosa darah diukur menggunakan Accu Check. Analisis data menggunakan uji t dengan nilai signifikan dalam penelitian ini adalah p=0,05. Hasil penelitian menunjukkan terdapat penurunan kadar glukosa darah secara bermakna setelah pemberian 1,25 dihidroksi vitamin D yaitu sebelum 102,00±1,00 mg/dl dan setelah 94,00±5,00 mg/dl1 (p<0,05). Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok perlakuan dan kontrol setelah pemberian 1,25 dihidroksi vitamin D yaitu 94,00±5,00 mg/dl pada kelompok perlakuan dan 102,00±3,00 mg/dl pada kelompok kontrol (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah pemberian 1,25 dihidroksi vitamin D dapat menurunkan kadar glukosa darah dalam masa kehamilan. Saran perlu dilakukan penelitian lanjutan pada manusia apakah ada pengaruh pemberian 1,25 dihidroksi vitamin D dalam masa kehamilan terhadap kadar glukosa darah. Kata kunci: 1,25 Dihidroksi vitamin D, Kadar glukosa darah

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Hj. Rahmatina B Herman, P.hD AIF
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu biomedik
Date Deposited: 20 Jul 2017 10:17
Last Modified: 20 Jul 2017 10:17
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25813

Actions (login required)

View Item View Item