PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ORANG LAIN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR

Irwan, Firmansyah (2017) PENYIDIKAN TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS MENGAKIBATKAN HILANGNYA NYAWA ORANG LAIN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK DI BAWAH UMUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Alat transportasi sebagai bentuk moderenisasi, merupakan kemajuan ilmu pengetahuan manusia. Dengan alat transportasi dapat membantu manusia dalam melakukan kegiatan serta memanfaatkan waktu dengan efesien. Penggunaan alat transportasi menggunakan mesin atau kendaraan bermotor salah satu bentuk alat transportasi moderen yang banyak dijumpai pada saat ini. Peningkatan penggunaan kendaraan bermotor sebagai alat transportasi tidak luput dari permasalahan, salah satunya adalah kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi kepada setiap pengendara kendaraan bermotor. Maka dari itu dibutuhkan solusi serta aturan hukum yang merupakan kebutuhan pada diri setiap manusia, sehingga kepastian hukum dan keamanan dalam masyarakat tetap terjaga. Dewasa ini pengemudi anak menjadi penyumbang yang relatif besar terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pengemudi anak terkenal dengan perilaku mengemudi yang tidak aman dan tidak tertib. Dalam perihal kecelakaan lalu lintas mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain merupakan perbuatan yang dapat dijatuhi sanksi pidana serta sanksi denda. Untuk mengetahui apakah suatu kecelakaan merupakan peristiwa pidana, maka diperlukannya penyelidikan dan penyidikan. Penyidikan terhadap anak harus merujuk kepada peraturan perundang-undangan khusus. Dari latar belakang tersebut penulis melakukan penelitian yang berhubungan dengan penyidikan tindak pidana kecelakaan lalu lintas mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain yang dilakukan oleh anak di bawah umur di unit laka lantas polres kota Bukittinggi. Permasalahan yang penulis paparkan dalam penelitian ini meliputi : Bagaimana proses pelaksanaan penyidikan serta apa saja kendala dalam pelaksanaan penyidikan tindak pidana kecelakaan lalu lintas mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain yang dilakukan oleh anak di bawah umur, dan bagaimana mengatasi kendala tersebut.Upaya menangani kendala adalah tetap melaksanakan penyidikan dengan sarana prasarana seadanya. Metode yang penulis gunakan adalah metode pendekatan yuridis sosiologis dan penelitian ini bersifat deskriptif serta pengumpulan data berupa studi dokumen, observasi, serta melakukan wawancara pada pihak-pihak terkait.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Apriwal Gusti, S.H
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 17 Jul 2017 15:07
Last Modified: 17 Jul 2017 15:07
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25723

Actions (login required)

View Item View Item