Perbedaan peregangan dinamis dan peregangan proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF) terhadap fleksibilitas pada mahasiswa profesi dokter universitas andalas

Arif, Rizki Taradita (2017) Perbedaan peregangan dinamis dan peregangan proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF) terhadap fleksibilitas pada mahasiswa profesi dokter universitas andalas. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB AKHIR)
BAB AKHIR.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Fleksibilitas yang rendah masih menjadi masalah yang cukup serius karena dapat meningkatkan risiko untuk terjadinya berbagai masalah kesehatan seperti nyeri punggung bawah. Fleksibilitas dapat ditingkatkan salah satunya dengan cara melakukan peregangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peregangan dinamis dan peregangan proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF) terhadap fleksibilitas pada mahasiswa profesi dokter Universitas Andalas. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan desain penelitian pre-test dan post-test. Sampel berjumlah 36 orang yang diperoleh dari populasi dengan pengambilan sampel simple random sampling. Semua subjek melakukan peregangan dinamis dan peregangan PNF. Pengukuran fleksibilitas menggunakan sit and reach test. Data dianalisis secara univariat dan bivariat, serta diuji kemaknaannya dengan uji statistik t berpasangan dan t tidak berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan peregangan dinamis dan peregangan PNF sama-sama dapat meningkatkan fleksibilitas. Namun, terdapat perbedaan yang signifikan antara peregangan dinamis dengan peregangan PNF terhadap peningkatan fleksibilitas. Hasil uji statistik terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara peregangan dinamis dengan peregangan PNF terhadap fleksibilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Afriwardi, Sp.KO, MA
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 17 Jul 2017 12:11
Last Modified: 17 Jul 2017 12:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/25654

Actions (login required)

View Item View Item