Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring Kota Padang

MUTHIA, LARASATI (2017) Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut di Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB 1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 6. Penutup)
BAB 6.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
MUTHIA LARASATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Latar Belakang : Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program yang dilaksanakan melalui kebijakan pemerintah Indonesia untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu sasaran pengembangan JKN adalah kepuasan pasien. Kepuasan pasien dapat dilihat berdasarkan 5 dimensi mutu pelayanan yaitu kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan tampilan fisik. Pada sistem JKN dikembangkan konsep pelayanan bertingkat dimulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring merupakan FKTP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Dalam struktur pelayanan sistem JKN, pelayanan terbagi tiga yaitu pelayanan primer, pelayanan sekunder dan pelayanan tersier. Pelayanan kesehatan gigi dan mulut merupakan pelayanan primer. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran tingkat kepuasan pasien JKN terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring Kota Padang. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 210 responden dengan teknik consecutive sampling. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan kepuasan pasien JKN pada dimensi kehandalan, dimensi daya tanggap, dimensi jaminan, dimensi empati dan dimensi tampilan fisik di Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring masih belum baik dilihat dari 5 dimensi mutu pelayanan. Kesimpulan : Dilihat dari 5 dimensi mutu pelayanan, Puskesmas Andalas dan Klinik Simpang Anduring masih belum cukup baik dalam memberikan pelayanan, sehingga pasien belum puas terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut yang diberikan. Jika dilihat perbandingan antar kedua tempat, tinggi tingkat kepuasan pasien JKN lebih tinggi di Puskesmas Andalas daripada Klinik Simpang Anduring. Kata Kunci : Pelayanan kesehatan gigi dan mulut, dimensi kepuasan

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Rima Semiarty, MARS
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 21 Apr 2017 06:51
Last Modified: 21 Apr 2017 06:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24781

Actions (login required)

View Item View Item