ADEK, MUSTAKIM (2015) PENGARUH MARKETING MIX (4P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi: CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar). Diploma thesis, UPT. Perpustakaan.
Text
459.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Menurut Hariadi (2013), keputusan pembelian merupakan suatu keputusan sebagai pemilikan suatu tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif. Setiap orang pasti pernah mempertimbangkan sesuatu hal sebelum melakukan keputusan pembelian. Apakah produk yang akan dibeli sudah sesuai dengan kebutuhannya atau keinginannya, kemudian produk yang akan dibeli tersebut apakah sudah sesuai dengan kondisi dirinya, seperti biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu produk yang diinginkan. Namun kadang orang tidak mempertimbangkan sesuatu hal sebelum melakukan pembelian. Hal ini karena orang hanya tertarik pada bentuk fisik (penampilan luar) dari produk tersebut. Maka dengan memahami perilaku pembelian konsumen tersebut perusahaan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen, seberapa besar frekuensi konsumen untuk melakukan dan melakukan pembelian ulang. Keputusan pembelian adalah proses pengintegrasian yang mengkombinasikan pengetahuan untuk mengevaluasi dua atau lebih perilaku alternatif dan memilih salah satu diantaranya. Jika konsumen tidak memiliki pengalaman dengan suatu produk, mereka cenderung untuk mempercayai merek yang disukai atau yang terkenal (Schiffman, 2008 dalam Musay 2013). Ketika konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk sebenarnya mereka memiliki alasan-alasan tertentu dalam memilih sebuah produk, misalnya merasa puas dengan kualitas dan pelayanan yang ditawarkan produk tersebut. 17 Sebelum melakukan pembelian rumah, konsumen umumnya akan mencari informasi mengenai rumah yang diinginkan, menilai dan membandingkan. Pada tahap-tahap kegiatan tersebut, persepsi dan sikap turut terlibat yang pada akhirnya akan menentukan suatu keputusan untuk membeli atau tidak. Kepuasan akan dicapai apabila rumah yang dibeli sesuai dengan keinginan dan harapannya. Sebaliknya apabila rumah yang dibeli tidak sesuai dengan keinginan dan harapannya, akan menimbulkan ketidakpuasan. Terkait dengan masalah diatas bahwa pemahaman perusahaan terhadap keputusan konsumen sangatlah penting, karena hal ini dapat digunakan sebagai strategi perusahaan dalam mencapai keberhasilan pemasaran (Sutianingsih, 2010). Sebagai salah satu kota di Kabupaten Tanah Datar, Batusangkar merupakan kota yang banyak disinggahi atau didatangi oleh masyarakat dari berbagai daerah dengan tujuan kepentingan yang berbeda. Keadaan ini tentu saja akan berpengaruh terhadap semakin bertambahnya kebutuhan akan produk perumahan sebagai tempat tinggal. Pemerintah dalam hal ini telah berupaya untuk menambah jumlah dan membangun perumahan sebanyak-banyaknya serta membuka kesempatan luas bagi setiap warga negara dan perusahaan-perusahaan swasta untuk ikut berperan dalam penyediaan produk perumahan dan pemukiman. Melihat peluang tersebut, di Batusangkar terdapat banyak pengembang perumahan yang memahami produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Kebutuhan atau keinginan konsumen secara garis besar menyangkut kualitas bangunan yang bagus, harga yang terjangkau, lokasi yang strategis, serta promosi yang menarik. Kualitas perumahan yang diharapkan 18 masyarakat antara lain adalah mempunyai tingkat keandalan yang tinggi atau tidak mudah rusak, desainnya menarik, terbuat dari material yang berkualitas, dan perawatannya mudah, serta adanya jaminan perawatan dari perusahaan. Dari segi harga, konsumen mengharapkan harga perumahan yang terjangkau, uang mukanya ringan, serta sistem pembayaran yang mudah. Kemudian berkaitan dengan lokasi, perumahan yang diharapkan konsumen adalah perumahan yang lokasinya strategis, aksesnya mudah, dekat dengan fasilitas umum, nyaman, bebas polusi, dan aman dari bahaya. Selain ketiga komponen tersebut yang tidak kalah penting nya adalah promosi. Promosi yang efektif dapat mempengaruhi minat konsumen dalam melakukan pembelian. Promosi ini dapat dilakukan melalui kegiatan periklanan, personal selling, dan publikasi. CV. Permata Rizano merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan perumahan. Mencermati adanya peluang bisnis ini, maka perusahaan berkesempatan untuk menarik minat konsumen dalam pembelian produk perumahan yang selama ini telah dibangun di kota Batusangkar. Hal ini dilakukan perusahaan dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian rumah, diantaranya dengan menawarkan jenis perumahan di lokasi-lokasi yang strategis, desain yang menarik dan harga yang bersaing. Perumahan Permata Rizano merupakan salah satu perumahan di kota Batusangkar yang telah membuka cabang di lokasi-lokasi yang cukup strategis. Perumahan yang segmen pasarnya ditujukan untuk golongan menengah ke atas ini memiliki jenis dan model rumah yang tergolong bagus dan modern untuk 19 ditawarkan. Hal ini telah menjadi kebijaksanaan pemasaran perusahaan dengan harapan produk yang dipasarkan dapat menembus pasar, serta mampu meraih pangsa pasar yang luas. Selain itu untuk menarik minat pembeli pihak pengembang Perumahan Permata Rizano menawarkan beberapa fasilitas berupa tempat ibadah, lapangan, taman, serta pusat perbelanjaan. Perumahan Permata Rizano memiliki daerah yang cukup strategis dimana lokasinya sendiri terletak berdekatan dengan jalan raya yang menghubungkan beberapa wilayah sehingga dengan akses jalan yang dilalui cukup menghemat waktu. Keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di Perumahan Permata Rizano adalah keputusan yang melibatkan kualitas produk, harga, keterjangkauan lokasi serta prmosi yang telah dilakukan perusahaan. Berdasarkan uraian diatas, penulis tertarik untuk meneliti dan menjelaskan mengenai: Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi: CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar). 20 1.2 Rumusan Masalah Dari penjelasan latar belakang di atas tentang perusahaan CV. Perumahan Permata Rizano-Batusangkar, penulis mencoba merumuskan permasalahan sebagai berikut : a) Bagaimanakah pengaruh produk perumahan pada CV. Perumahan Permata Rizano-Batusangkar terhadap keputusan pembelian kosumen? b) Bagaimanakah pengaruh harga perumahan pada CV. Perumahan Permata Rizano-Batusangkar terhadap keputusan pembelian kosumen? c) Bagaimanakah pengaruh lokasi perumahan pada CV. Perumahan Permata Rizano-Batusangkar terhadap keputusan pembelian kosumen? d) Bagaimanakah pengaruh promosi perumahan pada CV. Perumahan Permata Rizano-Batusangkar terhadap keputusan pembelian kosumen? 1.3 Tujuan Penelitian Tujuan yang ingin penulis capai di dalam penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pengaruh dari produk perumahan terhadap keputusan pembelian konsumen di CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar. 2. Untuk mengetahui pengaruh dari harga perumahan terhadap keputusan pembelian konsumen di CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar. 3. Untuk mengetahui pengaruh dari lokasi perumahan terhadap keputusan pembelian konsumen di CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar. 4. Untuk mengetahui pengaruh dari promosi perumahan terhadap keputusan pembelian konsumen di CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar. 21 1.4 Manfaat Penelitian Manfaat penelitian ini dapat berguna untuk: 1. Bagi Penulis Dengan tersusunnya tulisan ini, maka manfaat bagi Penulis sendiri adalah dapat menjadikan penambahan wawasan pengetahuan tentang pentingnya peranan variable-variabel marketing mix dalam bidang pemasaran, khususnya terhadap minat dan keputusan pembelian konsumen. 2. Bagi Institusi (Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Perpustakaan Pusat Universitas Andalas) Untuk menambah perbendaharaan perpustakaan dan memberikan wawasan terhadap para pembaca yang membutuhkan. 3. Bagi Perusahaan Sebagai masukan bagi manajer pemasaran akan pentingnya marketing mix dalam meningkatkan minat konsumen. 4. Bagi Peneliti Berikutnya Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan bacaan dan referensi untuk penelitian berikutnya terutama penelitian terkait dengan faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli rumah. 1.5 Ruang Lingkup Penelitian Untuk mencegah terjadinya perluasan pembahasan dan kerancuan pembahasaan, maka penulis membatasi permasalahan yang akan dibahas yaitu pada Pengaruh Marketing Mix (4P) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi: CV. Perumahan Permata Rizano Batusangkar).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Ms Randa Erdianti |
Date Deposited: | 01 Mar 2016 04:25 |
Last Modified: | 01 Mar 2016 04:25 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2475 |
Actions (login required)
View Item |