IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI PEMASARAN KREDIT PADA PT.BANK MUAMALAT INDONESIA TBK CABANG PADANG

ATIKA, SURI (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI PEMASARAN KREDIT PADA PT.BANK MUAMALAT INDONESIA TBK CABANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover)
COVER ta fix.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I bank muamalat.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB_5.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Referensi)
DAFTAR_REFERENSI(1).pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kebutuhan manusia yang tidak terbatas seda ngkan kemampuan manusia yang terbatas tampak nya akan selalu ada sampai kapanpun . Hal ini akan mendorong perbankan untuk memberikan la yanan terbaiknya kepada nasabah . Sebagaimana fungsi perbankan sebagai lembaga intermediasi keuangan guna memenuhi kebutuhan manusi a yang tidak terbatas tersebut. Pe r bankan menawarkan jasa - jasanya dalam bentuk dana atau secara u mum yang dikenal dengan kredit. Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank mencakup kelembagaan kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Adapun tujuan lembaga keuangan adalah memajukan kesejahteraan angg ota dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur. Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Sementara itu, definisi menurut unda ng - undang no 21 tahun 2008 tentang perbankan syariah, bab 1 pasal 1 dijelaskan bahwa perbankan syariah adalah 2 segala sesuatu yang menyangkut tentang Bank Syariah dan Unit Usaha Syariah(UUS), mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Dewasa ini dalam melancarkan strateginya untuk bersaing dengan lembaga keuangan lain, perbankan mengemas produknya sedemikian rupa. Sehingga memudahkan nasabahnya untuk mengajukan permohonan kredit untuk berbagai kebutuha n. Seperti contoh: kredit modal usaha, kredit multiguna (pernikahan, pendidikan, pembiayaan pembelian sepeda motor), pembiayaan pembelian mobil, renovasi rumah dan lain - lain. Kredit yang sampai kepada nasabah tidak lepas dari strategi pemasaran . Sebagaiman a diketahui bahwa keadaan dunia ekonomi bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan yang terjadi setiap saat dan adanya keterkaitkan antar satu dengan yang lainnya. Salah satu cara yang digunakan perbankan dalam bidang kredit untuk tujuan meningkatk an penyaluran dana sekaligus sebagai alternati f e pemenuhan kebutuhan calon nasabahnya yaitu melalui kegiatan pemasaran kredit ini. Suatu produk tidak akan digunakan bahkan dikenal apabila calon nasabah tidak mengetahui kegunaa n nya, keunggula n nya, dimana pr oduk dapat diperoleh dan berapa harganya. Peran marketing disini menjadi sangat penting, karena peran marketing sebagai penghubung antara nasabah yang membutuhkan kredit dengan lembaga keuangan itu sendiri . 3 Sebagaimana kita ketahui bahwa ja sa yang diberikan yang oleh lembaga keuangan tidak mungkin dapat mencari sendiri nasabah ataupun peminatnya. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan penting bagi perbankan dalam upaya pengenalan produknya ke pada nasabah atau calon nasabah . Den gan demikian strategi pemasaran harus dapat memberikan gambaran yang jelas dan terarah . Sebagaimana kita ketahui bahwa jas a yang diberikan yang oleh lembaga keuangan tidak mungkin dapat mencari sendiri nasabah ataupun peminatnya. Untuk itulah promosi memiliki peranan penting dalam mengonfirmasikan produk atau jasa perusahaan kepada nasabah. Maka dari itu peranan promosi sangat berguna sebagai memperken alkan jasa kepada calon nasabah, memberitahukan kegunaan dari jasa perkreditan kepada calon nasabah m emberitahukan kegunaan dari jasa perkreditan kepada calon nasabah . Oleh karena itu , kegiatan pemasaran produk perkreditan atau jasanya harus membutuhkan marketing m engenai jasa yang ditawarkannya . Hal inilah yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti l ebih jauh tentang permasalahan yang berkaitan dengan pemasaran Bank Syariah. Berdasarkan penjelasan latar belakang diatas, penulis tertarik untuk membuat tu gas akhir dengan judul “ Implementasi Strategi P romosi Pemasaran Kredit Pada Bank Muamalat Cabang Pad ang”

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Meuthia, SE,MSc
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > D3 Pemasaran
Depositing User: d3 pemasaran ekonomi
Date Deposited: 20 Apr 2017 10:02
Last Modified: 20 Apr 2017 10:02
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item