AKTIVITAS HARIAN DAN MAKANAN LUTUNG KELABU (Trachypithecus cristatus Raffles, 1821) DI GUNUNG PADANG, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT

Muhammad, Azhari Akbar (2017) AKTIVITAS HARIAN DAN MAKANAN LUTUNG KELABU (Trachypithecus cristatus Raffles, 1821) DI GUNUNG PADANG, KOTA PADANG, SUMATERA BARAT. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER & ABSTRAK)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULLTEXT)
Format_Pustaka_Skripsi_1210422049_Muhammad Azhari Akbar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Aktivitas harian dan makanan primata ini bervariasi dalam suatu populasi primata karena beberapa faktor seperti sumber yang tersedia, perbedaan jenis kelamin-usia dan reproduksi pada betina. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas harian dan makanan lutung kelabu dalam kelompok berdasarkan jenis kelamin dan usia secara spesifik di Gunung Padang. Penelitian ini telah dilaksanakan dari bulan Juli – Oktober 2016. Penelitian aktivitas harian dan makanan dilakukan dengan pengamatan langsung secara cross-sectional method dengan metode pencatatan data instantaneous scan sampling. Sampel tumbuhan yang tidak diketahui jenisnya diidentifikasi selanjutnya di Herbarium ANDA, Universitas Andalas. Hasil penelitian ini adalah lutung kelabu di Gunung Padang paling sering menghabiskan waktu untuk istirahat selain berpindah tempat, makan dan menelisik dan aktivitas lainnya seperti merawat anak oleh induk, pembuangan zat sisa (feses dan air seni), konflik intra-spesies dan kopulasi. Ficus variegata dari famili Moraceae adalah tumbuhan yang paling sering dimakan, yang mana dedaunan merupakan bagian yang paling sering dimakan oleh lutung kelabu dari 14 spesies yang tergolong dari 11 genus dan 10 famili yang dimakan lutung kelabu. Jantan dewasa memiliki proporsi tertinggi pada keseluruhan kategori aktivitas harian dan keseluruhan kategori bagian tumbuhan yang dimakan dibandingkan dengan kategori jenis kelamin dan usia lainnya. Betina dewasa membawa bayi hanya memakan dedaunan. Kata kunci: aktivitas harian, cross-sectional method, instantaneous scan sampling, jenis kelamin dan usia, komposisi makanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. RIZALDI
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QL Zoology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 26 Apr 2017 04:25
Last Modified: 26 Apr 2017 04:25
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24316

Actions (login required)

View Item View Item