Variasi Genetik Glass Eels Anguilla spp. yang Bermigrasi ke Beberapa Muara Sungai di Pulau Pagai Utara Kepulauan Mentawai Menggunakan Teknik RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA)

Nurjatmi, Puteri Mayang Sari (2017) Variasi Genetik Glass Eels Anguilla spp. yang Bermigrasi ke Beberapa Muara Sungai di Pulau Pagai Utara Kepulauan Mentawai Menggunakan Teknik RAPD (Random Amplified Polymorphic DNA). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (cover dan abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab I pendahuluan)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab akhir (penutup))
BAB Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img] Text (full skripsi)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Studi variasi genetik glass eels Anguilla spp. yang bermigrasi ke beberapa muara sungai di Pulau Pagai Utara telah dilaksanakan pada bulan September 2016 hingga Januari 2017 di Laboratorium Genetika dan Biologi Sel, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas. Sampel dikoleksi dari muara sungai Mabola, Simpungan, Saumanganya dan Taikako. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dan koleksi langsung di lapangan, dan sampel DNA di analisis dengan teknik RAPD. Pada penelitian ini ditemukan glass eels A.marmorata, A. bicolor bicolor dan A.bicolor pasifica pada keseluruhan muara. Nilai heterozigositas Glass eels A.marmorata dan A. bicolor pasifica tertinggi pada muara sungai Saumanganya yaitu 0,1863 dan 0,1840 dan untuk A. bicolor bicolor tertinggi pada muara sungai Taikako yaitu 0,1518. Nilai gene flow (Nm) pada glass eels A.marmorata, A. bicolor bicolor dan A. bicolor pasifica yaitu 0,3656, 0,5309 dan 0,4679. Nilai diferensiasi genetik (Gst) pada glass eels A.marmorata, A. bicolor bicolor dan A. bicolor pasifica yaitu 0,8677, 0,4418 dan 0,5686. Hal ini menunjukkan bahwa variasi genetik intra populasi dan antar populasi glass eels A.marmorata lebih tinggi dibandingkan A. bicolor bicolor dan A. bicolor pasifica. Kata kunci : glass eels, variasi genetik, RAPD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. SYAIFULLAH
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 19 Apr 2017 08:22
Last Modified: 19 Apr 2017 08:22
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24224

Actions (login required)

View Item View Item