isolasi, karakterisasi dan potensi bakteri indigenous pemfermentasi dari rebung 3 jenis bambu dalam pencarian isolat unggul untuk proses mocaf

Gustina, Ayu (2017) isolasi, karakterisasi dan potensi bakteri indigenous pemfermentasi dari rebung 3 jenis bambu dalam pencarian isolat unggul untuk proses mocaf. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 (pendahuluan))
Bab 1 (pendahuluan).pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab akhir (kesimpulan))
Bab Akhir (kesimpulan).pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Tugas akhir full text)
Tugas Akhir full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian “Isolasi, Karakterisasi, dan Potensi Bakteri Indigenous Pemfermentasi dari Rebung 3 Jenis Bambu dalam Pencarian Isolat Unggul untuk Proses Mocaf” telah dilaksanakan dari September 2016-Januari 2017, di Laboratorium Riset Mikrobiologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Andalas, Padang. Penelitian ini menggunakan metode survey dan data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan pengamatan diperoleh hasil keberadaan mikroflora indigenous pada Rebung Bambu Betung merupakan yang tertinggi (247x105 cfu/g), Rebung Bambu Talang (202x105 cfu/g), sedangkan yang terendah pada Rebung Bambu Aur (174x105 cfu/g). Pada Rebung 3 jenis Bambu menunjukkan hasil keberadaan bakteri indigenous proteolitik merupakan yang tertinggi sedangkan keberadaan bakteri indigenous selulolitik merupakan yang terendah. Sembilan isolat yang terpilih (BT I1, BT I2, BT I3, TL I1, TL I2, TL I3, AU I1, AU I2, AU I3), berbentuk basil, short rod dan coccus, bersifat gram positif dan negatif, endospora negatif, katalase positif dan negatif, motil dan non motil, tidak patogen. AU I2 merupakan isolat yang paling potensial dengan nilai indeks fermentatif 6,00, indeks proteolitik 2,28, amilolitik 2,00 dan selulolitik 1,50. Kata kunci: Bakteri Indigenous, Isolat Potensial, Keberadaan, Karakterisasi, Rebung Bambu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. phil. nat. Nurmiati
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: s1 biologi biologi
Date Deposited: 20 Apr 2017 06:56
Last Modified: 20 Apr 2017 06:56
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24184

Actions (login required)

View Item View Item