Ekspresi Gen Kolagen Tipe I dan Gen Kolagen Tipe III pada Jaringan Sinovial Pasien Osteoarthritis Lutut pada Beberapa Rumah Sakit di Kota Padang

Miftahul Jannah, Mifta (2017) Ekspresi Gen Kolagen Tipe I dan Gen Kolagen Tipe III pada Jaringan Sinovial Pasien Osteoarthritis Lutut pada Beberapa Rumah Sakit di Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
tugas akhir utuh.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang ekspresi gen kolagen tipe I dan gen kolagen tipe III pada jaringan sinovial pasien osteoarthritis lutut pada beberapa rumah sakit di kota Padang telah selesai dilaksanakan. Gen kolagen tipe I dan gen kolagen tipe III merupakan beberapa gen yang terlibat dalam pengembangan penyakit osteoarthritis lutut. Penelitian ini dilakukan untuk melihat ekspresi gen kolagen tipe I dan gen kolagen tipe III pada jaringan sinovial pasien osteoarthritis lutut di Padang. Sebelas sampel jaringan sinovial diambil dari pasien osteoarthritis lutut grade IV yang telah mengalami pembedahan. Deteksi gen kolagen tipe I dan gen kolagen tipe III dilakukan menggunakan real-time PCR. Pada penelitian ini dilakukan isolasi RNA dari sampel jaringan sinovial, kemudian RNA di transkripsikan menjadi cDNA. cDNA di uji menggunakan real-time PCR. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rasio kuantifikasi ekspresi gen kolagen tipe I dari sebelas sampel yang dianalisis menggunakan real time PCR adalah 0,09-1,88 kali lipat dan nilai rasio kuantifikasi gen kolagen tipe III adalah 0,0006-0,52 kali lipat. Hal ini menunjukkan sepuluh dari sebelas sampel mengalami peningkatan ekspresi gen kolagen tipe I. Tingginya ekspresi gen kolagen tipe I pada jaringan sinovial dapat diindikasikan bahwa pada jaringan sinovial ini telah terjadi fibrosis. Selain itu ekspresi gen kolagen tipe III pada penelitian ini masih tergolong normal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Fithriani Armin, S.Si, M.Si, Ap
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi
Depositing User: s1 Fakultas Farmasi
Date Deposited: 29 May 2017 14:57
Last Modified: 29 May 2017 14:57
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/24151

Actions (login required)

View Item View Item