PERBEDAAN BESAR LEEWAY SPACE MANDIBULA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MENGGUNAKAN TABEL MOYERS PADA SISWA SUKU MINANG SEKOLAH DASAR LUBUK SIKAPING

AYU, SHAFIRA (2017) PERBEDAAN BESAR LEEWAY SPACE MANDIBULA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MENGGUNAKAN TABEL MOYERS PADA SISWA SUKU MINANG SEKOLAH DASAR LUBUK SIKAPING. Diploma thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1 Pendahuluan)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Kesimpulan dan Saran)
BAB 7.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Tugas Akhir Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Prediksi ukuran gigi permanen yang belum erupsi untuk menentukan nilai tempat yang dibutuhkan, tempat yang tersedia, dan memprediksikan adanya kekurangan ruang merupakan salah satu aspek penting dalam diagnosis dan rencana perawatan pada periode gigi bercampur. Metode prediksi yang sering digunakan adalah metode Moyers yang datanya diperoleh dari anak ras Kaukasoid. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan leeway space mandibula laki-laki dan perempuan pada siswa suku Minang sekolah dasar Lubuk Sikaping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi cross-sectional komparatif. Sebanyak 56 model studi mandibula diperoleh dari murid SDN 06 Pauh, SDN 09 Pauh, dan SDN 10 Pauh Lubuk Sikaping yang berumur 8-10 tahun dan bersuku Minang. Pengukuran dimensi mesiodistal gigi diukur menggunakan kaliper digital. Hasil yang didapat dianalisis secara statistik dengan t-test dengan derajat kemaknaan 95%. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa rerata besar leeway space mandibula siswa laki-laki pada sisi kiri (1,76 mm) dan pada sisi kanan (1,85 mm). Pada siswa perempuan rata-rata besar leeway space mandibula pada sisi kiri (2,03 mm) dan pada sisi kanan (2,16 mm). Hasil analisis t-test dengan derajat kemaknaan 95% menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan (p>0,05) antara rata-rata besar leeway space siswa laki-laki dan perempuan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rerata besar leeway space mandibula laki-laki dan perempuan pada siswa suku Minang sekolah dasar Lubuk Sikaping tidak menunjukkan perbedaan ukuran yang signifikan. Kata kunci: Leeway space, Metode Moyers, Periode gigi bercampur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Hafni Bachtiar, MPH
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: Fakultas Kedokteran Gigi
Depositing User: s1 pendidikan dokter gigi
Date Deposited: 17 Apr 2017 02:37
Last Modified: 17 Apr 2017 02:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23941

Actions (login required)

View Item View Item