Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin Melalui Dana Zakat Produktif Di Kota Pekanbaru

Achmad, Ghozali (2007) Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Miskin Melalui Dana Zakat Produktif Di Kota Pekanbaru. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. abstrak + cover.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I Pendahuluan)
2. pendahuluan.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir Kesimpulan)
3. bab akhir kesimpulan.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (152kB) | Preview
[img] Text (Thesis Full text)
5. (Full text) THESIS PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MISKIN MELALUI DANA PRODUKTIF DI KOTA PEKANBARU.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)

Abstract

Islam mengajarkan agar selalu berusaha, berikhtiar dalam menghadapi perubahan yang dirasakan belum memberikan konstribusi menguntungkan. Praktek-praktek tradisional yang lalu tidak menampakkan adanya perubahan pada tata masyarakat. Hal ini bahwa perlu adanya pengembangan usaha umat agar tetap bertahan. Badan Amil Zakat Propinsi Riau dan Badan Amil Zakat Kota Pekanbaru mengupayakan kebijakan untuk mengatasi berbagai masalah kemiskinan agar mampu meningkatkan ekonomi seperti memberdayakan dana zakat sebagai modal usaha seperti: Perbengkelan, Pertanian, Pertukangan, Perdagangan. Diharapkan kedepannya akan mampu tumbuh berkembang kemudian pada masa akan datang tidak menjadi lemah bahkan kuat dan sehat. Badan Amil Zakat sebagai lembaga yang mengelola dana masyarakat berkedudukan dari pusat, Propinsi, Kabupaten Kota, Kecamatan, Kelurahan merasa ikut bertanggung jawab dalam upaya membina dan membangun ekonomi masyarakat agar lebih baik dalam usaha mengembangkan usaha kecil/ memberdayakan ekonomi masyarakat miskin yang sudah lama dilakukan oleh Badan Amil Zakat dari tahun 2000-2005 yang telah disalurkan kebebrapa usaha kecil dan aneka usaha lainnya. Sejauh ini belum dapat diketahui apakah pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin melalui dana zakat produktif oleh Badan Amil Zakat sudah mencapai sasaran yang diharapkan atau belum. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin melalui dana zakat produktif yang telah mendapat kucuran dana dari Badan Amil Zakat Propinsi dan BAZ Pekanbaru dan mengetahui hubungan antara BAZ/Muzakki dan Mutahiq dengan kinerja usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei pada usaha kecil penerima dana zakat produktif bantuan BAZ. Pengumpulan data/informasi dilakukan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan observasi. Setelah data dikumpulkan dilakukan analisis data untuk mengetahui pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin dalam menggunakan modal usaha dengan kinerja usaha analisis digunakan dengan menggunakan tabulasi silang. Dari hasil penelitian terhadap pemberdayaan ekonomi masyarakat miskin penerima modal dana zakat produktif terbukti bahwa pemberdayaan ekonomi telah mampu mengangkat ekonomi masyarakat miskin, meningkatkan omset, laba dan mampu menyerapkan tenaga kerja. Hanya saja peningkatan tersebut belum mampu merubah klasifikasi masyarakat miskin di kota Pekanbaru.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: PROF.DR. Ir. Rudi Febrianansyah, MSC
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: s2 pembangunan wilayah
Date Deposited: 13 Apr 2017 07:12
Last Modified: 13 Apr 2017 07:13
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23901

Actions (login required)

View Item View Item