Patronase Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Kemenangan Hendrajoni-Rusma Yul Anwar Dalam Pilkada Pesisir Selatan Tahun 2015)

Muslimin, Muslimin (2017) Patronase Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Kemenangan Hendrajoni-Rusma Yul Anwar Dalam Pilkada Pesisir Selatan Tahun 2015). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
COVER.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB VI KESIMPULAN)
BAB KESIMPULAN.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Muslimin, 1310831036. Jurusan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Andalas, dengan judul Skripsi “Patronase Politik Dalam Pemilihan Kepala Daerah (Kemenangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar Dalam Pilkada Pesisir Selatan Tahun 2015)”. Dibimbing oleh : Irawati, S.IP. M.A. dan Andri Rusta, S.IP, M.PP. Skripsi ini terdiri dari 133 halaman dengan referensi 9 buku, 6 Jurnal, 2 skripsi, dan 14 website internet. Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan pesta demokrasi didaerah dengan melakukan pemilihan terhadap kepala daerah, begitu juga di Kabupaten Pesisir Selatan. Pilkada di Pesisir Selatan tahun 2015 dimenangkan oleh pasangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar dengan perolehan suara sebesar 46,71%. Pasangan yang diusung oleh Partai NasDem, PAN dan Gerindra terindikasi melakukan upaya patronase politik dalam mendapatkan suara pada Pilkada Tahun 2015 di Kabupaten Pesisir Selatan. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bentuk dan struktur patronase politik Hendra Joni dan Rusma Yul Anwar dalam kemenangan pada pilkada serentak Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2015. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Patronase Politik Aspinall. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara mendalam dan dokumentasi. Dalam pemilihan informan penelitian, peneliti menggunakan teknik snowball sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisa etik dan emik. Untuk menguji keabsahan data yang didapatkan dilapangan maka dilakukan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pasangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar melakukan aktivitas patronase sesuai dengan teori Aspinall tentang patronase politik. Bentuk-bentuk patronase yang dilakukan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar ada lima, diantaranya pembelian suara, pemberian pribadi, pelayanan dan aktivitas, barang-barang kelompok dan proyek gentong babi. Sasaran patronase ini lebih difokuskan dikecamatan Batang Kapas, Sutera, Lengayang, Ranah Pesisir dan Linggo Sari Baganti. Sedangkan struktur patronase yang digunakan diantaranya, tim relawan, tim sukses, tim Pernibas dan Tim Guru. Jadi penelitian ini menunjukan bahwa kemenangan Hendrajoni dan Rusma Yul Anwar karena bentuk-bentuk dan struktur patronase yang mereka gunakan. Kata Kunci : Patronase. Pemilihan Kepala Daerah. Kabupaten Pesisir Selatan. Bentuk Patronase. Struktur Patronase.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Irawati, S.IP, M.A
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: s1 Ilmu politik
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:18
Last Modified: 12 Apr 2017 03:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23835

Actions (login required)

View Item View Item