Hubungan Antara Jumlah Leukosit dan Hitung Neutrofil Absolut dengan Derajat Kekuatan Otot Anggota Gerak Pasien Stroke Iskemik Akut

Fahjri, Saputra (2017) Hubungan Antara Jumlah Leukosit dan Hitung Neutrofil Absolut dengan Derajat Kekuatan Otot Anggota Gerak Pasien Stroke Iskemik Akut. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 7)
BAB 7 (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah)
Tugas Akhir Ilmiah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Stroke iskemik fase akut akan melepas Reactive Oxygen Species (ROS) dan mediator pro inflamasi yang cepat pada jaringan otak yang rusak. Respon inflamasi pada stroke iskemik akut berupa pengerahan leukosit terutama neutrofil akan memperberat perjalanan stroke iskemik. Stroke merupakan penyakit yang sering menyebabkan kelemahan pada otot. Kelemahan ini dapat dinilai dengan pemeriksaan kekuatan otot pada pasien stroke. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan antara jumlah leukosit dan hitung neutrofil absolut dengan derajat kekuatan otot anggota gerak pasien stroke iskemik akut. Penelitian ini merupakan penelitian analitik retrospektif menggunakan data rekam medis seluruh pasien yang dirawat dengan diagnosis stroke iskemik akut di RSUP Dr. M. Djamil Padang. Sampel berjumlah 77 orang, dilakukan analisis bivariat dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini didapatkan pasien dengan leukositosis sebanyak 45 (58,4%) orang dan hitung neutrofil absolut yang tinggi sebanyak 40 (51,9%) orang. Penelitian ini mendapatkan hubungan yang bermakna antara jumlah leukosit dengan derajat kekuatan otot anggota gerak (p<0,001) dan didapatkan hubungan yang bermakna antara hitung neutrofil absolut dengan derajat kekuatan otot anggota gerak pasien stroke iskemik akut (p<0,001). Simpulan penelitian ini ditemukan hubungan yang bermakna antara jumlah leukosit dan hitung neutrofil absolut dengan derajat kekuatan otot anggota gerak pasien stroke iskemik akut. Kata kunci : Hitung neutrofil absolut, stroke iskemik akut, jumlah leukosit, kekuatan otot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: s1 pendidikan kedokteran
Date Deposited: 31 Mar 2017 03:21
Last Modified: 31 Mar 2017 03:21
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23695

Actions (login required)

View Item View Item