Fanny, Yulanda (2017) PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BERBASIS LOKAL (Studi Kasus : Mega Mendung, Nagari Singgalang). Diploma thesis, Universitas Andalas.
|
Text (Cover dan Abstrak)
UPLOAD 1.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (Bab 1)
UPLOAD 2.pdf - Published Version Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Pustaka)
UPLOAD 4.pdf - Published Version Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (Bab Akhir)
UPLOAD 3.pdf - Published Version Download (119kB) | Preview |
|
Text (Full Text)
UPLOAD 5 new.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pariwisata tidak hanya dapat dinikmati oleh orang-orang yang relatif kaya,melainkan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, terutama menyangkut kegiatan sosial dan ekonomi. Dibandingkan dengan pemandian disekitarnya, pemandian yang ada di Mega Mendung Nagari Singgalang Kabupaten Tanah Datar ini lebih banyak menarik pengunjung.. Penelitian ini menarik karena pengelolaan pemandiannya di kelola langsung oleh nagari. Pada penelitian ini akan dibahas bagaimana karakteritik pengelolaan pemandian dan strategi pengembangannya. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa karakteristik pengelolaan pemandian yang ada di Mega Mendung dan menjelaskan bagaimana strategi pengembangan pemandian yang ada di Mega Mendung. Penelitian ini menggunakan metode kualitiatif dan bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi dan wawancara. Penetapan kriteria informan yaitu dengan cara purposive, informan dibagi ke dalam dua jenis yaitu informan kunci dan informan biasa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa yang menjadi karakteristik atau yang membedakan pemandian ini dengan pemandian lain yaitu pengelolaannya berbasis masyarakat, dimana pemandian ini dikelola oleh perorangan atau sekelompok orang yang diawasi oleh pemerintah nagari atau BUMNag. Semua pekerja di pemandian ini juga umumnya merupakan masyarakat Nagari Singgalang. Dan dalam strategi pengembangannya pun pengelola bersama nagari dan masyarakat Nagari Singgalang saling membantu dalam mengembangkan pemandian. Setiap tahunnya pengelola pemandian selalu melakukan proses renovasi berupa pembaharuan corak dari kolam-kolam pemandian dan memperbaiki sarana-sarana yang dirasa perlu diperbaiki. Selain itu pengelola pemandian menempatkan pekerja di pinggir jalan, hal ini dilakukan sebagai bentuk strategi dalam menarik pengunjung. Pemandian yang dibangun oleh masyarakat Nagari Singgalang ini selain membantu meningkatkan perekonomian nagari dan masyarakat sekitar, juga membantu mengurangi tingkat pengangguran di Nagari Singgalang, karena pengelola pemandian mengutamakan masyarakat Nagari Singgalang untuk bekerja di pemandian, maka secara tidak langsung pemandian-pemandian tersebut membuka lapangan pekerjaan baru. Kata Kunci : Pariwisata, Pengelolaan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi |
Depositing User: | s1 antropologi sosial |
Date Deposited: | 07 Mar 2017 08:46 |
Last Modified: | 07 Mar 2017 08:46 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/23381 |
Actions (login required)
View Item |