ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi)

Andri, Yovianda (2017) ANALISIS KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN PENDEKATAN METODE BALANCED SCORECARD (Studi Kasus pada RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
ABSTRAK..pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
BAB I.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img] Text (TESIS FULL)
TESIS FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi pada tahun 2011 s.d 2015 dengan Pendekatan Metode Balance Scorecard. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode operational research dengan analisis data kualitatif dan kuantitatif menggunakan single case study pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Data yang dipakai dalam penelitian ini adalah data sekunder melalui observasi dan telaah dokumen serta data primer melalui kuesioner yang ditujukan pada pasien dan karyawan rumah sakit. Pengukuran kinerja dengan menggunakan metode Balance Scorecard meliputi empat perspektif yaitu keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian kinerja Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi dengan pendekatan metode Balance Scorecard adalah : 1) Perspektif Keuangan terdapat pada tiga indikator yang hasil capaian rata-ratanya tidak sesuai dengan standar baku rumah sakit yakni Collection Period (Perputaran Piutang) di atas 50-70 hari, Total Asset Turnover (Perputaran Total Asset) di bawah 0,9-1,1 dan Cost Recovery Rate (CRR) < 1; 2) Perspektif Pelanggan bahwa kepuasan pelanggan baik dengan skor rata-rata 4,03; 3) Perspektif Proses Bisnis Internal terdapat dua variable yang hasil capaian rata-ratanya di bawah standar ideal rumah sakit yakni Gross Death Rate (GDR) > 45/1000 penderita keluar dan Net Death Rate (NDR) > 25/1000; 4) Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran produktivitas karyawan meningkat, kepuasan karyawan baik dengan skor rata-rata 4,14. Kata kunci: pengukuran kinerja, rumah sakit umum daerah, balance scorecard indikator.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 magister manajemen
Date Deposited: 01 Feb 2017 08:55
Last Modified: 01 Feb 2017 08:55
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22529

Actions (login required)

View Item View Item