An Analysis of Directive Illocutinary Acts Found in Selected "Avengers Featuring Special Guest Stars Nova and Totally Awesome Hulk" Comic.

Desi, Reflina Sari (2017) An Analysis of Directive Illocutinary Acts Found in Selected "Avengers Featuring Special Guest Stars Nova and Totally Awesome Hulk" Comic. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
cover, YES.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (chapter 1)
CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text (conclusion)
CHAPTER 4.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
full, watermark.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam skripsi ini dibahas tindak ilokusi direktif yang terdapat pada tuturan para tokoh komik “Avenger Featuring Special Guest – Stars Nova and Totally Awesome Hulk” yang merupakan komik edisi spesial dari penerbit Marvel dan ditulis oleh Brandon Montclare. Pengumpulan data menggunakan metode obsevarsi dan teknik non partisipasi. Data dianalisis dengan metode padan pragmatik dan mengaplikasikan teori tipe tindak tutur ilokusi direktif (Leech, 1983) dan teori konteks yang dikemukakan oleh Schiffrin (1994). Hasil analisis data dipresentasikan secara deskriptif dan eksplanatif serta menampilkan gambar yang bertujuan untuk menjelaskan konteks yang sedang terjadi pada peristiwa tuturan. Tujuan penelitian direktif ini juga untuk menunjukan bahwa tindak direktif tidak hanya dalam bentuk lisan tetapi dapat dituangkan dalam bentuk tulisan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat 12 tindak ilokusi direktif dalam tuturan tokoh komik ini. Konteks yang diamati berupa gambar dan tuturan lainnya serta berbagai tambahan informasi mengenai komik ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa tipe-tipe tuturan tindak direktif pada komik “Avengers Featuring Special Guest – Stars Nova and Totally Awesome Hulk” berupa permintaan, perintah dan anjuran. Kata kunci: konteks, tindak tutur direktif, komik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Depositing User: s1 sastra inggris
Date Deposited: 31 Jan 2017 01:14
Last Modified: 31 Jan 2017 01:14
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/22172

Actions (login required)

View Item View Item