Uji Aktivitas Antimikroba Ekstrak Segar dan Rebusan Akar Tanaman Pinang (Areca catechu Linn.) Terhadap Mikroba Uji serta Antioksidannya

Sri, Wijaya (2023) Uji Aktivitas Antimikroba Ekstrak Segar dan Rebusan Akar Tanaman Pinang (Areca catechu Linn.) Terhadap Mikroba Uji serta Antioksidannya. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (BAB 1)
BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (238kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V Penutup.pdf - Published Version

Download (228kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (479kB)
[img] Text (Skripsi full text)
SKRIPSI Full Teks_.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak._.pdf - Published Version

Download (354kB)

Abstract

Penelitian mengenai Aktivitas Antimikroba dan Antioksidan Beberapa Ekstrak Akar Pinang (Areca catechu Linn.) yang telah dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi, Universitas Andalas pada bulan April - Juni 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aktivitas antimikroba dari beberapa perlakuan ekstrak akar pinang, menentukan ekstraksi yang paling baik terhadap mikroba uji dan menentukan Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) dan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) dari akar pinang terhadap mikroba uji, serta aktivitas antioksidan dan polifenol dari ekstrak akar pinang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen pola nested. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zona hambat dari ekstrak akar pinang memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap bakteri E. coli, namun tidak memberikan pengaruh berbeda nyata terhadap bakteri S. aureus dan jamur C. albicans. KHM dari ekstrak akar pinang terhadap bakteri E. coli dan S. aureus yakni 3,12% dengan KBM pada E. coli 12.5% dan S. aureus 25%, sedangkan KHM C. albicans yakni 25% dan tidak terdapatnya KBM. Nilai antioksidan pada ekstrak segar, rebusan segar dan rebusan kering akar pinang berturut-turut dengan nilai IC50 22,37 μg/ml, 16,79 μg/ml dan 84,01 μg/ml kategori aktivitas sangat kuat dan total polifenol diperoleh dari ekstrak segar, rebusan segar dan rebusan kering berturut-turut sebesar 30,66 mgGAE/ml, 33,16 mgGAE/ml, dan 19,89 mgGAE/ml. Kata Kunci: Antimikroba, Antioksidan, Areca catechu L., Ekstraksi, Polifenol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Antimikroba, Antioksidan, Areca catechu L., Ekstraksi, Polifenol.
Subjects: Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: S1 Biologi Unand
Date Deposited: 20 Sep 2023 09:09
Last Modified: 20 Sep 2023 09:09
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/216772

Actions (login required)

View Item View Item