INSTAGRAM TOURISM DALAM MENCIPTAKAN HYPE PADA DESTINASI WISATA SUMATERA BARAT (Studi Kasus pada Konten Akun Instagram @sumbar_rancak)

Rendi, Ferlita (2023) INSTAGRAM TOURISM DALAM MENCIPTAKAN HYPE PADA DESTINASI WISATA SUMATERA BARAT (Studi Kasus pada Konten Akun Instagram @sumbar_rancak). Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (401kB)
[img] Text (Bab 1 (Pendahuluan))
Bab 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (287kB)
[img] Text (Bab Akhir (Penutup))
Bab Akhir (Penutup).pdf - Published Version

Download (224kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (289kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Konten kreatif dan storytelling telah menjadi sarana alternatif dalam pemasaran pariwisata Sumatera Barat di era digital. Banyak destinasi wisata menjadi populer akibat penyebaran konten pariwisata dan cerita menarik di Instagram. Hal ini berpeluang untuk mengenalkan sejumlah pariwisata Sumatera Barat yang belum terekspos ke publik. Lebih lagi budaya sharing oleh pengguna menciptakan viralitas/hype pada destinasi wisata dan menyebabkan lonjakan kunjungan wisatawan di Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya yang dilakukan akun @sumbar_rancak dalam menciptakan hype destinasi wisata Sumatera Barat dan transformasi destinasi wisata pasca Instagram tourism. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan objek konten akun Instagram @sumbar_rancak selama bulan Oktober 2022 – April 2023. Data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori storynomics dan 4C dimensi media sosial untuk membedah temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angle/framing dan kualitas visual serta narasi/storytelling yang komunikatif dan informatif pada konten akun @sumbar_rancak sebagai sarana online promosi pariwisata berkontribusi dalam membentuk pengalaman berwisata digital bagi audiens. Pengalaman yang terbentuk berpotensi menciptakan budaya sharing sehingga memicu terjadinya transmisi sosial yang menimbulkan viralitas/hype destinasi wisata Sumatera Barat. Hasil penelitian juga menunjukkan pasca Instagram tourism transformasi destinasi wisata memiliki perubahan signifikan pada perkembangan wisata dan kerusakan lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. Sarmiati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Akun Instagram @sumbar_rancak, Instragram Tourism, Penciptaan Hype dan Transformasi Destinasi Wisata.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: s1 ilmu komunikasi
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:37
Last Modified: 15 Sep 2023 07:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/214495

Actions (login required)

View Item View Item