Annisa, Rizkiia Z (2023) Kajian Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Tentara Dr.Reksodiwiryo Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (163kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 1. Pendahuluan)
BAB I. PENDAHULUAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (147kB) | Request a copy |
|
Text (Bab Akhir)
BAB AKHIR.pdf Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (Daftra Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only until 6 September 2024. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien merupakan cerminan dari pelayanan kefarmasian berupa interaksi pelayanan terhadap pasien yang merupakan salah satu indikator sangat penting dalam kualitas pelayanan dan memiliki dampak bagi penyelenggaraan pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo Kota Padang dan hubungannya dengan karakteristik responden pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional menggunakan kuesioner dengan pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini 390 pasien yang berobat ke poliklinik dan menebus obat di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo Kota Padang sesuai dengan kriteria inklusi dan data diambil secara proporsional setiap poliklinik. Uji non parametrik Mann Whitney dan Kruskall Wallis digunakan untuk mengetahui hubungan antara jenis kelamin dan pekerjaan terhadap tingkat kepuasan pasien serta uji Spearman Rho digunakan untuk mengetahui usia dan pendidikan terhadap tingkat kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rawat Jalan Rumah Sakit Tentara Dr. Reksodiwiryo Kota Padang pada kategori sangat puas dengan persentase 82,79%. Masing-masing dimensi memiliki tingkat kepuasan sebagai berikut; dimensi tangible memiliki tingkat kepuasan sebesar 80,75%, dimensi reliability sebesar 84,48%, dimensi responsiveness sebesar 83,89%, dimensi assurance sebesar 82,59%, dan dimensi empathy sebesar 82,28%. Hubungan jenis kelamin dan pekerjaan tidak terdapat hubungan dengan tingkat kepuasan pasien sedangkan usia dan pendidikan terdapat hubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Karakteristik Responden, Apotek Rawat Jalan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | apt. Dian Ayu Juwita, S.Farm, M.Farm |
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pasien, Pelayanan Kefarmasian, Karakteristik Responden, Apotek Rawat Jalan |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Fakultas Farmasi |
Depositing User: | s1 Fakultas Farmasi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:37 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:37 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/211995 |
Actions (login required)
View Item |