PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT KECAMATAN KURANJI PADA PEMILUKADA LANGSUNG WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PADANG PUTARAN KEDUA TAHUN 2014

EKI, SATRIA (2015) PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT KECAMATAN KURANJI PADA PEMILUKADA LANGSUNG WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA PADANG PUTARAN KEDUA TAHUN 2014. Diploma thesis, UPT. Perpustakaan Unand.

[img] Text
390.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemenangan tipis pasangan Mahyeldi dan Emzalmi pada Pilwako Padang Putaran kedua tahun 2014, dimana pasangan Mahyeldi dan Emzalmi berhasil meraih suara terbanyak di kecamatan Kuranji. Keberhasilan pasangan ini meraih suara terbanyak di kecamatan Kuranji tidak bisa dilepaskan dari figur Emzalmi yang merupakan satu-satunya kandidat yang berasal dari Kuranji. Dukungan dari berbagai tokoh adat terhadap pasangan ini, juga cukup mempengaruhi pilihan masyarakat karena masih kuatnya relasi patron-klien di kecamatan Kuranji. Kemudian figur Mahyeldi yang sebelumnya merupakan Wakil Walikota Padang membuat pasangan ini lebih dikenal oleh masyarakat Kota Padang. Selain itu, pasangan ini juga diusung oleh partai-partai Islam yang berbasis di daerah Kuranji. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana hubungan antara sentimen kedaerahan, relasi patron-klien, orientasi kandidat, dan identifikasi kepartaian terhadap perilaku memilih masyarakat kecamatan Kuranji pada Pilwako Padang putaran kedua tahun tahun 2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perilaku memilih dengan menggunakan variabel sentimen kedaerahan, hubungan patron-klien, orientasi kandidat dan identifikasi kepartaian. Metode yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif dengan tipe penjelasan (explanatory research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner, sedangkan analisis menggunakan program SPSS 21.00 dengan analis data tabulasi silang dan pengujian hipotesis meggunakan Chi-Square Test dan Coeffisient Contingensy. Temuan data dilapangan memperlihatkan bahwa sentimen kedaerahan dan orientasi kandidat memiliki hubungan terhadap perilaku memilih masyarakat kecamatan Kuranji pada Pilwako Padang putaran kedua tahun 2014, dimana sentimen kedaerahan memiliki keeratan hubungan positif yang mantap sebesar 0,541 dan orientasi kandidat memiliki hubungan positif sedang sebesar 0,378, sedangkan hubungan patron-klien dan identifikasi kepartaian tidak memiliki hubungan terhadap perilaku memilih masyarakat kecamatan Kuranji pada Pilwako Padang putaran kedua tahun 2014. Hal ini memperlihatkan bahwa ditengah kehidupan masyarakat perkotaan seperti Kota Padang yang lebih kompleks, dinamis dan rasional serta beragam kepentingan, ternyata sebagian masyarakat daerah Kota Padang masih mendasari pilihannya berdasarkan pertimbangan sentimen kedaerahan dan belum mampu menjadi pemilih yang rasional. Kata Kunci : Perilaku Memilih, Sentimen Kedaerahan, Hubungan Patron-Klien, Orientasi Kandidat, Identifikasi Kepartaian,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Ms Azizah Yasefia
Date Deposited: 26 Feb 2016 04:51
Last Modified: 26 Feb 2016 04:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item