HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN SERVICE QUALITY DI RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2023

Umniatul, Azizah (2023) HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN RAWAT JALAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN SERVICE QUALITY DI RSUD DR. RASIDIN PADANG TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (376kB)
[img] Text (bab 1)
BAB I (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (205kB)
[img] Text (Bab VII Penutup)
BAB VII (Penutup).pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (256kB)
[img] Text (Skripsi Fulltext)
Skripsi Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Setiap rumah sakit berupaya memberikan kualitas pelayanan yang baik untuk mencapai kepuasan pasien, namun kenyataannya masih banyak pelayanan yang memerlukan waktu tunggu yang lama dan menimbulkan ketidakpuasan bagi pasiennya. Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran hubungan antara waktu tunggu pelayanan rawat jalan dengan kepuasan pasien di RSUD dr. Rasidin Padang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif analitik dan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 352 pasien rawat jalan dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian menggunakan instrumen Servqual yang digunakan untuk mengevaluasi kepuasan. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapatkan Sebagian besar waktu tunggu rekam medik berada dalam kategori lambat >10 menit (53,4%), sebagian besar waktu tunggu poliklinik berada dalam kategori lambat >60 menit (51,7%), dan sebagian besar waktu tunggu apotek dalam kategori lambat >60 menit (56,5%). Sebagian besar responden (58%) merasa tidakpuas dengan pelayanan rawat jalan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara waktu tunggu rekam medik, poliklinik dan apotek dengan tingkat kepuasan pasien dengan p-value = 0,000. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara waktu tunggu pelayanan instalasi rawat jalan dengan kepuasan pasien di RSUD dr. Rasidin Padang tahun 2023. Rumah Sakit diharapkan dapat memberikan pelayanan yang berkualitas optimal dengan memperhatikan aspek kualitas layanan (tangible, reability, emphaty, assurance, dan responsiveness), serta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap waktu tunggu sehingga membantu meningkatkan kepuasan pasien. Kata Kunci : Pelayanan Rawat Jalan, Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu Daftar Pustaka : 60 (2002 – 2022)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Keperawatan
Depositing User: Program S1 Keperawatan
Date Deposited: 21 Jul 2023 07:04
Last Modified: 21 Jul 2023 07:04
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/209034

Actions (login required)

View Item View Item