Sebaran Konsentrasi Total Dissolved Solids dalam Air Sumur Gali di Kecamatan Padang Barat sebagai Indikasi Terjadinya Intrusi Air Laut

Mirna, Sari Samah (2017) Sebaran Konsentrasi Total Dissolved Solids dalam Air Sumur Gali di Kecamatan Padang Barat sebagai Indikasi Terjadinya Intrusi Air Laut. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab V)
3. BAB V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img] Text (Tugas Akhir Full Text)
5. TUGAS AKHIR ILMIAH UTUH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sebaran konsentrasi TDS dalam air sumur gali di Kecamatan Padang Barat sebagai indikasi terjadinya intrusi air laut. Pengukuran TDS di lakukan di 5 kelurahan di Kecamatan Padang Barat yaitu Kelurahan Belakang Tangsi, Olo, Berok Nipah, Purus, dan Flamboyan Baru dengan frekuensi pengambilan sampel sebanyak tiga kali yaitu pada bulan Juli, September dan Oktober2016. Pengukuran TDS pada bulan Juli dan Oktober memberikan hasil bahwa terdapat satu sumur yang yang terindikasi mengalami intrusi air laut, yaitu di daerah Berok Nipah dengan konsentrasi masing-masing 1284 mg/l dan 2593,6 mg/l. Sedangkan pengukuran pada bulan September tidak satupun sumur terindikasi mengalami intrusi air laut. Analisis korelasi antara konsentrasi TDS dengan jarak sumur dari bibir pantai dan kedalaman memiliki nilai r yang jauh dari nilai 1 yaitu masing-masing berada pada rentang 0,2-0,4 dan 0,0-0,2 sehingga memiliki hubungan yang sangat lemah dan tak berkorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat intrusi pada masing-masing sumur di Kecamatan Padang Barat dinilai berdasarkan konsentrasi TDSnya. Kata kunci: Intrusi air laut, Kecamatan Padang Barat, Surfer 11, TDS (Total Dissolved Solids)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Lingkungan
Depositing User: s1 teknik lingkungan
Date Deposited: 24 Jan 2017 06:29
Last Modified: 24 Jan 2017 06:29
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20778

Actions (login required)

View Item View Item