Analisis Implementasi Promosi Dalam Strategi Pemasaran Di RSIA Fadhila Batusangkar

Nerissa, Nidianti (2023) Analisis Implementasi Promosi Dalam Strategi Pemasaran Di RSIA Fadhila Batusangkar. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (COVER ABSTRAK)
COVER ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (189kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I.docx tesis ibu (1) (Autosaved).pdf - Published Version

Download (371kB)
[img] Text (BAB AKHIR & KESIMPULAN)
BAB VII_compressed.pdf - Published Version

Download (101kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA (Autosaved).pdf - Published Version

Download (249kB)
[img] Text (FULLTEXT THESIS)
WM THESIS fix - Nidianti Nerissa 1920322018 (REVISI 1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang : Profil Kesehatan Indonesia tahun 2022 menyatakan jumlah Rumah Sakit di Indonesia dari tahun 2013-2016 mengalami peningkatan. Pada tahun 2013 jumlah rumah sakit sebanyak 2228 meningkat menjadi 2.601 tahun 2016. Jumlah rumah sakit di Indonesia sampai dengan tahun 2016 terdiri dari 2.046 Rumah Sakit Umum (RSU) dan 555 Rumah Sakit Khusus (RSK). Jelas bahwa rumah sakit - rumah sakit di Indonesia mengalami persaingan yang ketat, oleh sebab itu, tidak keliru jika pengelola rumah sakit mulai melirik pemasaran dengan harapan dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis metode kualitatif dengan mengunakan wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi yang dilakukan di RSIA Fadhila Batusangkar. Hasilnya akan disimpulkan dengan cara content analysis dan validasi data dengan metode triangulasi. Hasil : Hasil penelitian menunjukan hasil yang berbeda setiap elemen marketing communcation mix. Dari kedelapan elemen tersebut memberikan dampak yang berbeda dari segi antusiasme target pasar. Masalah yang ada dalam setiap elemen juga berbeda. Setiap elemen memiliki masalah mulai dari SDM yang belum optimal dari segi jumlah, belum adanya pelatihan dan pengembangan SDM, masih belum adanya fasilitas penunjang untuk sarana mobilisasi dan membuat konten promosi, ataupun ruang lingkup penyebaran media promosi yang masih belum mencakup wilayah yang luas serta belum adanya evaluasi yang terukur dan terkhusus untuk metode promosi. Solusi yang diperlukan meliputi solusi jangka panjang dan jangka pendek yang harus dijalankan oleh rumah sakit seperti memperbaiki SDM, melengkapi sarana penunjang promosi, rumah sakit juga harus membuat evaluasi secara terukur agar dapat mendapatkan hasil yang optimal dari metode promosi yang dijalankan serta menjadi bahan untuk strategi kedepannya. Kata Kunci : Promosi, marketing communication mix, target pasar.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Dr. Yulia Hendri Yeni, ST, MT, AK dr. Abdi Setya Putra, MARS
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:15
Last Modified: 20 Jul 2023 03:15
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/207587

Actions (login required)

View Item View Item