PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 4, 5, DAN 6 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) RAHMAH, KECAMATAN GUGUAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA: TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK

Khoiratul, Fitri Syahdia (2023) PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK USIA 4, 5, DAN 6 TAHUN DI KELOMPOK BERMAIN (KB) RAHMAH, KECAMATAN GUGUAK, KABUPATEN LIMA PULUH KOTA: TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text
cover abstrak.pdf - Published Version

Download (125kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (156kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (123kB)
[img] Text
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Khoiratul Fitri Syahdia. 2023. “Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia pada Anak Usia 4, 5, dan 6 Tahun di Kelompok Bermain (KB) Rahmah, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota: Tinjauan Psikolingusitik”. Skripsi. Padang: Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas. Pembimbing: 1. Leni Syafyahya, S.S, M. Hum., 2. Dra. Efri Yades, M.Hum. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata dan bentuk kata bahasa Indonesia anak usia 4, 5, dan 6 tahun di Kelompok Bermain (KB) Rahmah. Kedua, menghitung tingkat persentase penguasaan dan bentuk kata bahasa Indonesia anak usia 4, 5, dan 6 tahun. Ketiga, menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata dan bentuk kata bahasa Indonesia pada anak di KB Rahmah, Kecamatan Guguak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Metode penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan cakap. Teknik dasar yang dilakukan adalah teknik sadap. Teknik lanjutannya yaitu teknik simak libat cakap (SLC) dan teknik rekam. Analisis data menggunakan metode padan, yaitu padan referensial. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik Pilah Unsur Penentu (PUP) dan teknik lanjutannya ialah teknik Hubung Banding Membedakan. Metode yang digunakan untuk penyajian analisis data adalah penyajian formal dan informal. Berdasarkan hasil analisis data, penguasaan kosakata BI anak usia 4, 5, dan 6 Tahun di KB Rahmah memiliki perbedaan. Pada anak usia 4 tahun, MH menguasai 140 kosakata, MKA menguasai 163 kosakata, ZHF menguasai 148 kosakata. Selanjutnya anak usia 5 tahun, ARA menguasai 137 kosakata, MKw menguasai 227 kosakata, MA menguasai 153 kosakata, dam Zr menguasai 193 kosakata. Kemudian anak usia 6 tahun, ARW menguasai 182 kosakata, BFA menguasai 179 kosakata, HA menguasai 83 kosakata, dan NAR menguasai 203 kosakata. Seluruh anak sudah menguasai keempat bentuk kata bahasa Indonesia yaitu kata dasar sebanyak 408 kata, kata berimbuhan sebanyak 92 kata, kata ulang sebanyak 37 kata, dan kata majemuk sebanyak 46 kata. Tingkat persentase penguasaan kosakata dan bentuk kata tiap anak berbeda, yaitu usia 4 tahun penguasaan kosakatanya 27,93%, anak usia 5 tahun 32,01%, dan anak usia 6 tahun 40,06%. Anak-anak di KB Rahmah belum mampu menguasai kosakata bahasa Indonesia. Faktor yang mempengaruhi penguasaan kosakata dan bentuk kata bahasa Indonesia adalah faktor motivasi, faktor usia, faktor penyajian formal, faktor bahasa pertama, dan faktor lingkungan. Kata kunci: penguasaan, kosakata, usia 4, 5, dan 6 tahun, psikolinguistik

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Leni Syafyahya, S.S., M.Hum. Dra. Efri Yades, M.Hum.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Depositing User: s1 sastra indonesia
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:18
Last Modified: 14 Jul 2023 08:18
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/206473

Actions (login required)

View Item View Item