SIMULASI PENGONTROLAN DOUBLY FED INDUCTION GENERATOR (DFIG) UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN YANG BEROPERASI SENDIRI

Novri, Andonal (2017) SIMULASI PENGONTROLAN DOUBLY FED INDUCTION GENERATOR (DFIG) UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN YANG BEROPERASI SENDIRI. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
1 Abstrak.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I Pendahuluan)
2 BAB I Pendahuluan.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V Kesimpulan dan Saran)
3 BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
4 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full)
5 Skripsi Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Beberapa tahun terakhir perkembangan DFIG untuk pembangkit listrik tenaga angin sangat signifikan. DFIG yang banyak dikembangkan adalah untuk pembangkit dengan ladang angin yang luas dan daya yang besar, yaitunya satu turbin angin mampu membangkitkan 6 MW dan kedepannya sampai 10 MW dan semuanya terhubung ke grid. Semakin meningkatnya jumlah pembangkit listrik, tetap saja ada masyarakat yang tidak dapat menikmatinya, terutama masyarakat daerah terpencil. Maka dari itu dibuatlah simulasi DFIG yang mampu beroperasi sendiri tanpa terhubung ke grid, yang tujuannya adalah agar dapat diterapkan pada daerah terpencil yang selama ini tidak tersentuh aliran listrik. Pada DFIG konvensional sisi rotornya disatukan dengan sisi stator melalui back to back converter dan terhubung ke grid. Untuk sistem DFIG yang beroperasi sendiri, statornya dihubungkan dengan beban dan rotornya dihubungkan dengan baterai melalui back to back converter untuk menjaga aliran daya rotor agar saat terjadi perubahan kecepatan, tegangan dan frekuensi sisi stator dapat konstan. Pada simulasi ini DFIG yang digunakan berkapasitas 33kW dan mampu beroperasi dalam rentang kecepatan 1350-1650 rpm dengan mempertahankan tegangan puncak 500 Volt ±10% dan frekuensi 50Hz ±1%. Kata kunci: DFIG, beroperasi sendiri, back to back converter, baterai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Elektro
Depositing User: S1 Teknik Elektro
Date Deposited: 24 Jan 2017 03:03
Last Modified: 24 Jan 2017 03:03
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20573

Actions (login required)

View Item View Item