Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien JKN Di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2022

Mestika, Rezki (2023) Hubungan Waktu Tunggu Dengan Kepuasan Pasien JKN Di Pelayanan Rawat Jalan RSUD Kota Padang Panjang Tahun 2022. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (87kB)
[img] Text (BAB 1 Pendahuluan)
BAB 1 (Pendahuluan).pdf - Published Version

Download (117kB)
[img] Text (BAB Penutup)
BAB 6.pdf - Published Version

Download (46kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (107kB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Mestika Rezki_Full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan Penelitian: Pelayanan rawat jalan di RSUD Kota Padang Panjang mengalami waktu tunggu tidak sesuai SPM rumah sakit. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui hubungan waktu tunggu terhadap kepuasan pasien JKN dan untuk mengetahui penyebab lama waktu tunggu dari komponen input, process dan output. Metode: Penelitian ini menggunakan metode mix method dengan model Sequential Explanatory. Penelitian dilakukan pada 98 sampel dan 9 orang informan yang ditentukan secara purposive sampling dan proportional sampling. Teknik analisis data menggunakan analisi univariat, bivariat, tringulasi metode dan tringulasi sumber. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan 94,9% waktu tunggu pasien tidak sesuai standar, dengan frekuensi rata-rata waktu tunggu 162,3 menit sedangkan frekuensi rata-rata kepuasan pasien 58,2% merasa tidak puas. Terdapat hubungan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien dengan p-value 0,011. Penyebab lamanya waktu tunggu yaitu kurangnya tenaga rekam medis, ruang rekam medis yang sempit, pelaksanaan SOP belum maksimal dan kedatangan dokter yang terlambat. Kesimpulan: Waktu tunggu pasien di pelayanan rawat jalan masih tergolong lama dan tidak sesuai dengan SPM rumah sakit dan memiliki hubungan dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada rumah sakit menambah petugas rekam medis, memberlakukan sistem rekam medis elektronik, meningkatkan sistem pelayanan terutama sistem pendaftaran online, dan mengadakan evaluasi rutin terkait kinerja petugas rumah sakit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Primary Supervisor: Dr. dr. Adila Kasni Astiena, MARS
Uncontrolled Keywords: Waktu Tunggu, kepuasan, pelayanan rawat jalan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat
Depositing User: s1 kesehatan masyarakat
Date Deposited: 10 May 2023 07:51
Last Modified: 10 May 2023 07:51
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203420

Actions (login required)

View Item View Item