Purnama, Zikro (2023) TANGGUNG JAWAB PT POS INDONESIA CABANG KOTA SOLOK TERHADAP KERUSAKAN PADA PENGIRIMAN PAKET POS JUMBO MOTOR DALAM LAYANAN JASA PENGIRIMAN BARANG. Diploma thesis, Universitas Andalas.
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version Download (224kB) |
|
Text (Bab I Pendahulaun)
Bab I.pdf - Published Version Download (315kB) |
|
Text (Bab IV Penutup)
Bab IV.pdf - Published Version Download (134kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (258kB) |
|
Text (skripsifulltext)
Skripsi Full.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2009 tentang Pos pada Pasal 1 ayat (1) menyatakan bahwa Pos adalah layanan komunikasi tertulis dan/atau surat elektronik, layanan paket, layanan logistic, layanan transaksi keuangan, dan layanan keagenan pos untuk kepentingan umum. Berdasarkan Undang-Undang Pos, penyelenggara pos wajib menjaga kerahasiaan, keamanan dan keselamatan barang konsumen selama proses pengiriman barang. Akan tetapi pelaksanaan perjanjian pengiriman barang terkadang tidak selalu berjalan lancar misalnya barang yang diperjanjikan tersebut mengalami kerusakan. Adapun rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pengiriman paket pos jumbo motor di PT Pos Indonesia cabang Kota Solok. (2) Apa saja kendala PT Pos Indonesia cabang Kota Solok dalam pengiriman paket pos jumbo motor. (3) Bagaimana tanggung jawab PT Pos Indonesia cabang Kota Solok terhadap kerusakan pada saat penyelenggaraan pengiriman paket pos jumbo motor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yuridis empiris, dengan melakukan pendekatan penelitian lapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, pengiriman paket pos jumbo motor di PT Pos Indonesia cabang Kota Solok sebelumnya diawali dengan diadakannya perjanjian yang dibuat antara pihak pengirim dengan pihak Pos dimana proses pengiriman menggunakan sistem kerja Collecting, Processing, Transporting, Delivery, dan Reporting. Kendala yang dialami oleh PT Pos Indonesia cabang Kota Solok dalam proses pengiriman paket pos jumbo motor dapat terjadi karena dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Adapun beberapa faktor eksternal yaitu, kurangnya jumlah petugas, alamat yang tidak lengkap atau salah mencantumkan alamat, nama yang tidak sesuai, tidak mencantumkan nomor telepon, penerima pindah alamat, penerima meninggal dunia, rumah penerima kosong, dan overmacht. Faktor internal dimana petugas Pos tidak kooperatif dalam melakukan investigasi. Tanggung jawab PT Pos Indonesia sebagai penyedia jasa memberikan penggantian kerugian yang ditimbulkan karena perbuatan dari penyedia jasa itu sendiri. Adanya kerjasama yang dilakukan pihak Pos dengan pihak asuransi maka risiko terhadap kerusakan dalam proses pengiriman barang dapat beralih ke tangan pihak asuransi dan PT Pos Indonesia cabang Kota Solok hanya berperan memberikan jaminan asuransi dari setiap barang yang dikirimkan melalui pengiriman paket pos jumbo motor. Kata Kunci: Tanggung Jawab, PT Pos Indonesia, Paket Jumbo Motor
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Primary Supervisor: | Dr. H. Rembrandt. S.H., M.Pd |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum |
Depositing User: | S1 Ilmu Hukum |
Date Deposited: | 10 May 2023 02:56 |
Last Modified: | 22 May 2023 04:22 |
URI: | http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/203272 |
Actions (login required)
View Item |