PEMENUHAN HAK BAGI PENYANDANG DISABILITASPADA PENDIDIKAN TINGGI BERDASARKAN PERDA KOTA PADANG NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PEMENUHAN DAN PERLINDUNGAN HAK-HAK PENYANDANGDISABILITAS

Alfenda, Oktaveri (2016) PEMENUHAN HAK BAGI PENYANDANG DISABILITASPADA PENDIDIKAN TINGGI BERDASARKAN PERDA KOTA PADANG NOMOR 3 TAHUN 2015 TENTANG PEMENUHAN DAN PERLINDUNGAN HAK-HAK PENYANDANGDISABILITAS. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER DRAFT SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Fulltext)
skripsi full text.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu tujuan Negara yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 diantaranya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mencerdaskan kehidupan bangsa tidak hanya terpaku pada wajib belajar 9 tahun saja. Untuk mencapai tujuan negara hendaknya kesempatan meraih pendidikan bagi setiap orang haruslah terjamin dari tingkat dasar sampai setinggi-tingginya. Hak mendapat pendidikan yang layak juga diatur di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menjelaskan bahwa tidak tertutup kemungkinan untuk mendapatkan pendidikan bagi setiap orang tidak terkecuali Penyandang Disabilitas. Hendaknya keterbatasan atau kekurangan yang dimiliki oleh para Penyandang Disablitas ini bukanlah merupakan suatu kendala baginya untuk meraih pendidikan setinggi-tingginya. Universitas Andalas sebagai universitas terkemuka khususnya di Kota Padang belum dapat memenuhi persyaratan ketersediaan aksebilitas dan fasilitas penunjang yang harus disediakan sebagai salah satu syarat pemenuhan hak bagi Penyandang Disabilitas pada pendidikan Tinggi di Kota Padang seperti yang diatur dalam aturan hukum yang berlaku. Adapun yang menjadi permasalahan dalam kajian skripsi ini adalah: Pertama, bagaimana pelaksanaan dalam pemenuhan hak bagi Penyandang Disabilitas pada pendidikan tinggi di Kota Padang? Kedua, apa saja kendala-kendala dalam pemenuhan hak bagi Penyandang Disabilitas pada pendidikan tinggi tersebut? Metode penelitian yang dilakukan melakukan pendekatan yuridis sosiologis yaitu penelitian yang dilakukan lansung ke lapangan untuk memperoleh data primer yang akan dianalisis dengan peraturan hukum yang berkaitan dengan pemenuhan hak bagi Penyandang Disabilitas pada pendidikan tinggi. Berdasarkan data yang penulis dapatkan di lapangan dalam penelitian yang telah dilakukan maka terlihat bahwa pertama, pelaksanaan pemenuhan hak bagi Penyandang Disabilitas pada pendidikan tinggi di kota Padang belum terlaksana secara optimal, dikarenakan penyediaan fasilitas fisik maupun non fisik yang belum terpenuhi sebagimana yang dijelaskan di dalam aturan hukum yang berlaku. Kedua, pemerintah daerah dan pihak penyelenggara pedidikan tinggi itu sendiri dalam hal ini Universitas Andalas belum dapat menyediakan aksebilitas dan fasilitas penunjang pemenuhan hak yang mustinya bisa diperoleh oleh para Penyandang Disabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
K Law > KZ Law of Nations
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: S1 Ilmu Hukum
Date Deposited: 17 Jan 2017 08:45
Last Modified: 17 Jan 2017 08:45
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20301

Actions (login required)

View Item View Item