Perbedaan Kepuasan Pasien Mengenai Serah Terima Pasien dengan Tradisional dan Bedside Handover

Siti, Aisyah Nur (2016) Perbedaan Kepuasan Pasien Mengenai Serah Terima Pasien dengan Tradisional dan Bedside Handover. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Cover dan Abstrak)
Cover dan Abstrak.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Penutup)
Bab Penutup.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img] Text
Full Thesis Siti Aisyah Nur.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Data RSI Ibnu Sina Padang diketahui penerapan serah terima yang dilakukan adalah 40% dilakukan secara tradisional dan 60% dilakukan secara bedside handover, sedangkan data RSI Ibnu Sina Bukittinggi diketahui penerapan serah terima yang dilakukan adalah 60% secara tradisional dan 40% dilakukan secara bedside handover. Data kepuasan pasien mengenai pelayanan keperawatan di RSI Ibnu Sina Padang adalah 51% menyatakan puas sedangkan RSI Ibnu Sina Bukittinggi diketahui 62,1%. Prosedur timbang terima efektif dalam meningkatkan kesinambungan, kualitas serta keselamatan antara perawat dengan pasien dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien mengenai metode serah terima pasien dengan tradisional dan bedside handover. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional comparative study dengan sampel penelitian sebanyak 106 orang. Cara pengambilan sampel dengan consecutive sampling. Data dianalisis secara univariat dengan Importance Performance Analysis dan bivariat dengan menggunakan uji T independent. Hasil penelitian diketahui bahwa kepuasan pasien mengenai serah terima pasien dengan tradisional mampu memenuhi harapan pasien sebesar 70,17% lebih rendah dibandingkan kepuasan pasien mengenai serah terima pasien dengan bedside handover yang mampu memenuhi harapan pasien sebesar 88,24%. Hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji T independent diketahui terdapat perbedaan yang bermakna antara kepuasan pasien terhadap serah terima pasien dengan tradisional dan bedside handover dengan nilai p=0,000 (p value < 0,05). Disarankan Manajer Keperawatan RSI Ibnu Sina Padang dan Bukittinggi, perlu dilakukannya pembenahan pelayanan terhadap atribut-atribut yang memiliki tingkat kepuasan rendah pada kuadran A dan B yaitu perawat melakukan pergantian shift dengan baik dan melibatkan pasien di tempat tidur pasien secara langsung dalam serah terima pasien, selalu ramah dalam melayani pasien dan keluarganya, timbang terima dilakukan dengan waktu yang sesuai dengan kebutuhan pasien, perawat pengganti dapat memenuhi kebutuhan pasien, selalu siap sedia dalam melayani pasien, ramah dan sopan dalam memberikan pelayanan dan pengobatan, senantiasa memberikan perhatian terhadap masalah kesehatan yang dihadapi. Kata Kunci : Serah terima, kepuasan pasien, rumah sakit Daftar Pustaka: 31 (2003–2015)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 keperawatan keperawatan
Date Deposited: 13 Jan 2017 07:48
Last Modified: 13 Jan 2017 07:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/20191

Actions (login required)

View Item View Item