Pengaruh Gas Karbon Dioksida (CO2) Murni Dan Natrium Klorida (NaCl) Terhadap Pertumbuhan, Kandungan Lipid dan Karotenoid Total Chlorella emersonii

Rahmatika, Yani (2022) Pengaruh Gas Karbon Dioksida (CO2) Murni Dan Natrium Klorida (NaCl) Terhadap Pertumbuhan, Kandungan Lipid dan Karotenoid Total Chlorella emersonii. Masters thesis, Universitas Andalas.

[img] Text (Cover dan Abstrak)
COVER DAN ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1. Pendahuluan)
BAB 1. PENDAHULUAN.pdf - Published Version

Download (896kB)
[img] Text (BAB akhir (Penutup dan kesimpulan))
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (858kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Tugas Akhir Ilmiah Utuh)
Print Thesis Tika FIX watermark upload.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Gas karbon dioksida (CO2) merupakan gas pencemar yang berasal dari aktivitas manusia, gunung berapi, dan industri. Penumpukan gas CO2 di atmosfir dapat menyebabkan pemanasan global di permukaan bumi. Mikroalga merupakan mikroorganisme yang memiliki klorofil dan pertumbuhan sel mikroalga melalui proses fotosintesis. Pemanfaatkan CO2 untuk sumber karbon pada proses fotosintesis merupakan suatu alternatif untuk meningkatkan potensi mikroalga sebagai biofiksasi CO2 dalam mengurangi emisi CO2. Biomassa yang dihasilkan dari proses fotosintesis dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku obat dan biodiesel. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan stres lingkungan terhadap kemampuan mikroalga Chlorella emersonii untuk menghasilkan karotenoid dan lipid. Pengaruh paparan gas CO2 murni terhadap pertumbuhan Chlorella emersonii diamati selama 5-20 menit dan konsentrasi NaCl 10-60 mM. Kandungan lipid total yang telah mengalami transesterifikasi dikarakterisasi dengan Gas Chromatography-Mass Spectroscopy (GC-MS). Hasil penelitian menunjukkan stres lingkungan dengan paparan gas CO2 murni selama 10 menit, menurunkan biomassa 45,17%, meningkatan lipid total dan karotenoid total sebesar 52,31% dan 8,54 µg/mL. Sedangkan untuk stres NaCl 15 mM, terjadi peningkatan biomassa, lipid total dan karotenoid total sebesar 43,29%, 28,72%, dan 6,78 µg/mL. Berdasarkan analisis GC-MS menunjukkan peningkatan asam lemak akibat stres NaCl dan stres CO2 sebesar 50,03% dan 73,42%. Budidaya Chlorella emersonii merupakan solusi yang efisien dan berkelanjutan untuk mengatasi masalah pencemaran CO2 dan lingkungan ekstrem.

Item Type: Thesis (Masters)
Primary Supervisor: Prof. Dr. Yetria Rilda, M.S
Uncontrolled Keywords: Emisi gas CO2, Chlorella emersonii, Karotenoid total, Lipid total, Profil asam lemak
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Pascasarjana (S2)
Depositing User: s2 kimia kimia
Date Deposited: 09 Mar 2023 10:46
Last Modified: 09 Mar 2023 10:46
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/201306

Actions (login required)

View Item View Item