ANALISIS PENATAUSAHAAN DAN PENGHAPUSAN ASET TETAP PADA PEMERINTAH KOTA PADANG (Studi Kasus pada SKPD BPKA Pemerintah Kota Padang)

RIO, ALKAUSAR (2016) ANALISIS PENATAUSAHAAN DAN PENGHAPUSAN ASET TETAP PADA PEMERINTAH KOTA PADANG (Studi Kasus pada SKPD BPKA Pemerintah Kota Padang). Masters thesis, UNIVERSITAS ANDALAS.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
6&7. abstrak.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB. I)
bab. I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB. V)
bab.v.pdf - Published Version

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img] Text (Thesis full text)
gabung ok).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ANALISIS PENATAUSAHAAN DAN PENGHAPUSAN ASET TETAP PADA PEMERINTAH KOTA PADANG (Studi Kasus Pada SKPD BPKA Pemerintah Kota Padang) Oleh : RIO ALKAUSAR Dibimbing oleh: Dr. Hefrizal Handra, M.Soc.Sc dan Dr. Suhairi, SE, M.Si, Ak ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketaatan Pemerintah Kota Padang terhadap peraturan Pengelolaan Barang Milik Daerah. Caranya dengan menganalisa prosedur penatausahaan dan penghapusan aset tetap pada Pemerintah Kota Padang dibandingkan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Sekaligus untuk mengetahui kendala yang dialami dalam prosedur penatausahaan dan penghapusan aset tetap pada Pemerintah Kota Padang. Metode penilitian menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan suatu situasi yang bersifat faktual dengan mengkaji permasalahan-permasalahan yang terjadi pada saat sekarang guna memperoleh gambaran yang menyeluruh tentang permasalahan pada rumusan masalah mengenai prosedur penatausahaan dan penghapusan aset tetap pada Pemerintah Kota Padang. Objek penelitian adalah aset tetap di SKPD Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Pemerintah Kota Padang. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam dan analisa dokumentasi berupa KIB. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesesuaian prosedur penatausahaan sebesar 78%, kelengkapan KIB 80% dan penghapusan aset tetap sebesar 100%. Rata-rata kesesuaian prosedur penatausahaan dan penghapusan aset tetap pada Pemerintah Kota Padang terhadap Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 17 Tahun 2007 sebesar 86% yang berarti sangat sesuai. Kata Kunci : Analisis penatausahaan dan penghapusan aset tetap

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 akuntansi akuntansi
Date Deposited: 28 Nov 2016 06:48
Last Modified: 28 Nov 2016 06:48
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19706

Actions (login required)

View Item View Item