Efektivitas Pelaksanaan RKL-RPL Pada Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan PT. Allied Indo Coal Sawahlunto)

Desrizal, Desrizal (2016) Efektivitas Pelaksanaan RKL-RPL Pada Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Pertambangan PT. Allied Indo Coal Sawahlunto). Masters thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Cover dan abstrak.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img] Text (Tesis)
tesis cetak sd dapus.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Allied Indo Coal Sawahlunto Sumatera Barat dengan fokus penelitian ini apakah pelaksanaan rencana pengelolaan lingkungan (RKL) dan rencana pemantauan lingkungan lingkungan (RPL) sudah berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan RKL dan RPL pada perusahaa, mengetahui faktor-faktor yang menentukan efektivitas pelaksanaan RKL dan RPL pada perusahaan. Pada penelitian ini dibatasi pada aspek penurunan kualitas udara, penurunan kualitas air dan pertumbuhan tingkat sosial ekonomi masyarakat. Hal ini karena keterbatasan waktu dan biaya serta akan berdampak langsung dan terus menerus terhadap lingkungan sekitar jika tidak dikelola dengan baik. Metode penelitian ini adalah metode survey, data yang diperoleh disajikan secara deskriptif. Penelitian deskriptif, dilakukan untuk menjelaskan dan mengambarkan variabel masa lalu dan sekarang. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan RKL dan RPL pada PT. AIC Sawahlunto sudah berjalan dengan efektif . Hal ini ditandai dengan: (a). Parameter kualitas air yang yang diambil sampelnya dan dianalisa hasilnya berada dibawah ambang batas baku mutu lingkungan yang telah ditetapkan (sesuai dengan KepmenLH No. 113 Tahun 2003), (b). Pengelolaan kualitas udara pada lingkungan kerja dilaksanakansesuai dokumen RKL-RPL PT. AIC, (c). Kondisi sosial ekonomi masyarakat ada peningkatan dari sebelum kegiatan. Faktor-faktor yang menentukan efektif atau tidak efektifnya pelaksanaan RKL dan RPL pada PT. AIC Sawahlunto adalah (a). Kemauan pemrakarsa melaksanakan RKL-RPL dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku. (b). Katersediaan fasilitas pengelolaan limbah dengan baik. (c). Adanya pengawasan dari instansi pembina terkait (Dinas dan Badan Lingkungan Hidup Kota Sawahlunto. Kata Kunci: RKL-RPL, Efektivitas, Pemrakarsa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Pascasarjana (Tesis)
Depositing User: s2 ilmu lingkungan
Date Deposited: 18 Jan 2017 08:08
Last Modified: 18 Jan 2017 08:08
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19228

Actions (login required)

View Item View Item