PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT Lactococcus plantarum YANG DIENKAPSULASI DAN MENGGUNAKAN PENGEMBAN JAGUNG TERHADAP PERFORMA BROILER

Ahmad, Rizqy (2016) PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT Lactococcus plantarum YANG DIENKAPSULASI DAN MENGGUNAKAN PENGEMBAN JAGUNG TERHADAP PERFORMA BROILER. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab 1)
BAB 1 (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab Akhir)
BAB akhir (Kesimpulan).pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img] Text (Skripsi Full Text)
skripsi full text rizqy.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK BAKTERI ASAM LAKTAT Lactococcus plantarum YANG DIENKAPSULASI DAN MENGGUNAKAN PENGEMBAN JAGUNG TERHADAP PERFORMA BROILER Ahmad Rizqy, dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Hj. Husmaini, MP dan drh. H. Yuherman, M.S., Ph.D Program Studi Peternakan Universitas Andalas Padang, 2016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik BAL Lactococcus plantarum yang dienkapsulasi dan menggunakan pengemban jagung terhadap performa broiler. Penelitian ini menggunakan 108 ekor ayam broiler umur tujuh hari strain Cobb CP 707 dan menggunakan 18 unit kandang box berukuran (Panjang x Lebar x Tinggi) 75 cm x 60 cm x 50 cm. Percobaan menggunakan Rancangan Acak lengkap dengan 6 perlakuan yaitu perlakuan A (control), B (probiotik fresh), C (pengemban jagung dosis 1x), D (pengemban jagung dosis 2x), E (probiotik yang dienkapsulasi dosis 1x) dan F (probiotik yang dienkapsulasi dosis 2x), masing-masing perlakuan diulang 3 kali. Peubah yang diamati adalah konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil analisis keragaman menunjukkan bahwa pemberian probiotik bakteri asam laktat Lactococcus plantarum yang dienkapsulasi dan menggunakan pengemban jagung menunjukkan pengaruh tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi ransum dan menunjukkan pengaruh nyata (P<0,05) terhadap pertambahan bobot badan, serta menunjukkan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap konversi ransum. Kesimpulan penelitian adalah pemberian probiotik dengan menggunakan pengemban jagung dosis 2x dapat meningkatkan pertambahan bobot badan dan memperbaiki konversi ransum dengan jumlah konsumsi ransum 3518,83 gram, pertambahan bobot badan 1847,28 gram dan konversi ransum 1,91. Kata kunci : Enkapsulasi, Pengemban Jagung, Performa Broiler, Probiotik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Nov 2016 04:37
Last Modified: 02 Nov 2016 04:37
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19165

Actions (login required)

View Item View Item