PENGARUH TINGKAT PEMAKAIAN KULIT UBI KAYU YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Bacillus amyloliquefaciens (KUKAF) DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PADA AYAM PETELUR

Meridas, Eka Yora (2016) PENGARUH TINGKAT PEMAKAIAN KULIT UBI KAYU YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Bacillus amyloliquefaciens (KUKAF) DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PADA AYAM PETELUR. Diploma thesis, Universitas Andalas.

[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab i)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab v)
KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img] Text (skripsi full text)
skripsi full.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PENGARUH TINGKAT PEMAKAIAN KULIT UBI KAYU YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN Bacillus amyloliquefaciens (KUKAF) DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS TELUR PADA AYAM PETELUR Meridas Eka Yora dibawah bimbingan Prof. Dr. Ir. Mirzah, MS dan Ir. H. Rijal Zein, MS Program Studi Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Peternakan Universitas Andalas,Kampus II Payakumbuh,2016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung kulit ubi kayu fermentasi menggunakan Bacillus amyloliquefaciens (KUKAF) dalam ransum terhadap kualitas telur pada ayam petelur. Penelitian ini menggunakan 180 ekor ayam petelur Isa Brown fase II akhir. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan adalah lima level penggunaan tepung kulit ubi kayu fermentasi (KUKAF) dalam ransum R0 (0% KUKAF dalam ransum), R1 (5% KUKAF dalam ransumm), R2 (10% KUKAF dalam ransum), R3 (15% KUKAF dalam ransum), dan R4 (20% KUKAF dalam ransum). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian KUKAF dengan level yang berbeda dalam ransum memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap berat telur dan tebal kerabang telur, serta memberikan pengaruh yang berbeda nyata (P<0,05) terhadap warna kuning telur. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan KUKAF yang difermentasi dengan Bacillus amyloliquefaciens dalam ransum sampai level 20% dalamransumtidak mengganggu kualitas telur pada ayam petelur,namun menurunkan warna kuning telur. Kata kunci :Kukaf, petelur, Bacillus amyloliquefaciens, kualitas telur.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: S1 Fakultas Peternakan
Date Deposited: 02 Nov 2016 01:53
Last Modified: 02 Nov 2016 01:53
URI: http://scholar.unand.ac.id/id/eprint/19153

Actions (login required)

View Item View Item